Bupati Bogor Klaim Wilayahnya Siap Sambut Pandemi Menjadi Endemi: Lebih Cepat Lebih Baik

| 21 Mar 2022 22:05
Bupati Bogor Klaim Wilayahnya Siap Sambut Pandemi Menjadi Endemi: Lebih Cepat Lebih Baik
Bupati Bogor Ade Yasin (Antara)

ERA.id - Bupati Bogor, Ade Yasin mengaku wilayahnya sudah siap masuk masa transisi dari Pandemi menuju Endemi Covid-19.

"Sudah siap, lebih cepat ditetapkan itu akan lebih baik," kata Ade Yasin, Senin (20/3/22).

Menurutnya, kesiapan Kabupaten Bogor menuju endemi salah satunya karena target Vaksinasi Covid-19 sudah mencapai target yang ditetapkan pemerintah pusat yakni di atas 70 persen.

"Vaksinasi terus berjalan, target-target juga sudah kita kejar mulai vaksinasi anak, lansia dan lainnya," tuturnya.

Sebelum memasuki masa transisi itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mulai melonggarkan kebijakan. Terutama telah dibukanya beberapa fasilitas umum seperti taman.

Taman-taman di Kabupaten Bogor kembali dibuka usai kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) turun ke level dua.

Ade Yasin mengatakan, ada delapan taman publik di Kabupaten Bogor yang sudah dibuka. Di antaranya, Taman Pancakarsa, Taman Situ Plaza dan Alun-alun Cirimekar di Cibinong. Lalu Tugu Pancakarsa dan beberapa taman lainnya di kecamatan juga sudah diperbolehkan buka.

"Sudah ada relaksasi ya, dari PPKM level 3 jadi level 2. Kegiatan outdoor itu lebih bagus daripada di dalam, jadi kita buka taman-taman yang ada di Kabupaten Bogor,” kata Ade Yasin.

Dia pun sudah mencoba beberapa fasilitas umum tersebut pada Sabtu 19 Maret kemarin. Bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Ade Yasin mengelilingi taman-taman itu dengan berolahraga.

Dengan dibukanya taman-taman tersebut, masyarakat bisa menggunakannya kembali untuk berolahraga dengan keluarga hingga rekreasi. Dengan catatan, tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

“Kami sediakan seperti di Taman Pancakarsa ada lapangan basketnya, fitnes juga dan lainnya. Bebas digunakan siapa saja yang penting prokes diterapkan, cuci tangan, jangan berkerumun," jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat Jatnika mengatakan, meski telah dibuka, pihaknya bersama beberapa dinas terkait tetap menyiagakan Park Ranger untuk menertibkan pengunjung yang berkerumun dan tidak melaksanakan prokes.

“Iya ada petugas juga yang berjaga. Kalau terlalu penuh berarti petugas kita mengingatkan gitu ya posisinya,” terangnya.

Namun, sambung Ajat, hingga saat ini Pemkab Bogor belum mengatur jam operasional di sejumlah taman. Sebab, ada taman yang punya suasana indah jika dikunjungi pada malam hari.

“Setiap tempat beda-beda jam operasionalnya. Tapi setidaknya memang sampai jam 6 sore gitu. Tapi kan gini, Tugu Pancakarsa kan indahnya justru malam. Jadi beda-beda, tidak bisa diperlakukan sama. Kecuali taman tematik, memang siang saja,” katanya.

Kami juga pernah menulis soal Bupati Bogor Klaim Wilayahnya Siap Sambut Pandemi Menjadi Endemi: Lebih Cepat Lebih Baik Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi