Aksi Pedagang Besar di Solo Jual Minyak Goreng Sistem Bundling, Distributor Dapat Peringatan

| 25 Mar 2022 17:57
Aksi Pedagang Besar di Solo Jual Minyak Goreng Sistem Bundling, Distributor Dapat Peringatan
Pedagang Minyak Goreng (Amalia/era.id)

ERA.id - Pemerintah Kota Solo akan menindak tegas oknum pedagang besar yang melakukan kecurangan. Salah satu opsi yang dipilih yakni melaporkan pada Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo, Heru Sunardi, Jumat (25/3/2022). Sebab apa yang dilakukan oleh pedagang di Pasar Legi dengan memberikan syarat pembelian berupa bundling merupakan bentuk kecurangan.

”Nggak boleh itu, saya sudah kasih teguran. Apalagi mereka pedagang besar. Menjual dengan dipersyaratkan itu nggak boleh,” ucap Heru.

Jika nanti ditemukan nekad menjual dengan syarat, maka Dinas Perdagangan akan melaporkan pada KPPU.

”Kita laporkan saja, biar ditindak,” ucapnya.

Terkait stok minyak, Heru tidak bisa menghitung jumlah kebutuhan di kota Solo. Sebab Solo melayani kebutuhan berbagai kota lain, termasuk di Solo Raya.

”Kalau hitungan secara nasional, jumlah kebutuhan minyak goreng tiap orang selama sebulan sekitar 1 liter. Jadi kalau satu rumah empat orang ya 4 liter. Kalau butuh lebih biasanya UMKM,” katanya.

Untuk itu saat ini Dinas Perdagangan berencana untuk memberikan kelonggaran akses bagi pedagang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). ”Kalau minyak goreng masih kayak gini saya rasa nanti ada operasi pasar minyak goreng,” ucapnya.

Sementara itu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berjanji akan meninjau ke lapangan terkait laporan pedagang yang curang tersebut. Ia juga akan berkoordinasi dengan Satgas Pangan dan Polresta Kota Solo.

”Makanya nanti saya cek ke lapangan,” ucapnya.

Sebagai informasi, ditemukan satu pedagang distributor di Pasar Legi, Toko Nugroho, berbuat curang dengan menjual minyak goreng curah secara bundling.

Setiap pembelian 17 kilogram minyak goreng curah, pembeli diwajibkan membeli gula seberat 50 kilogram atau tepung 50 kilogram. Sayangnya toko ini merupakan satu-satunya distributor yang masih memiliki stok minyak goreng curah untuk dijual. 

Kami juga pernah menulis soal Wagub Ariza Bilang Minyak Goreng Curah Berharga Murah di Jakarta Cukup, Kamu Percaya? Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi