Bentangkan Spanduk #SaveWadas saat Ganjar Khutbah di UGM, Peserta Aksi: Ini Spontan Saja, Tak Teorganisir

| 07 Apr 2022 12:10
Bentangkan Spanduk #SaveWadas saat Ganjar Khutbah di UGM, Peserta Aksi: Ini Spontan Saja, Tak Teorganisir
Aksi #SaveWadas (Wawan Hananto/ERA)

ERA.id - Spanduk #SaveWadas terbentang saat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berceramah sebelum salat tarawih di Masjid Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Rabu (6/4/2022) malam.

Spanduk itu terbentang sebentar di tengah-tengah jemaah yang duduk bersila di dalam masjid. Selain  spanduk itu, di halaman masjid, spanduk yang berbunyi ‘kelestarian alam sebagian dari iman’ juga dibentangkan oleh dua pemuda.

Mereka berkaos dan berkopiah hitam bertuliskan #SaveWadas. Saat tarawih usai dan Ganjar meninggalkan Masjid UGM, kedua spanduk itu ditambah satu spanduk lagi, ‘Gusti Berkahi’ (Tuhan melindungi), dibentangkan bersama-sama.

Aksi itu untuk menolak penambangan batu andesit di Desa Wadas, yang akan digunakan sebagai bahan material Bendungan Bener, Purworejo, Jawa Tengah. Penolakan warga Wadas berujung pada tindakan kekerasan di Wadas beberapa waktu lalu.

Salah satu peserta aksi, Umar, menyatakan aksi itu berjalan spontan dan tak terorganisir. “Ini solidaritas teman-teman kami dari individu-individu untuk masyarakat Wadas yang terkena represi hingga saat ini,” tuturnya.

Menurutnya, masyarakat Wadas belum mendapat kepastian penghentian penambangan andesit dari pemerintah. “Ini simbolik saja, Kebetulan ada Pak Ganjar juga. Teman-teman pengen (aksi) simbolik saja. Enggak pengen teriak-teriak. Harapan kami publik mengetahui isu Wadas masih bergulir dan ketidakadilan masih terjadi di sana,” ujarnya.

Ganjar pun sempat merespons bentangan spanduk itu di tengah khotbah. Menurutnya, aksi itu bagian dari demokrasi.

“Diangkat juga saya tidak apa-apa karena itu bagian dari exercise politik. Diangkat aja mas enggak apa-apa. Ini bagian dari salat tarawih yang sangat menarik di UGM. Inilah demokrasi," kata Ganjar disambut tepuk tangan jemaah.

"Saya sangat senang dengan kekritisan kawan-kawan dan inilah diskusi yang selalu terbuka untuk mendewasakan kita semuanya," ujarnya.

Kami juga pernah menulis soal Pasokan Minyak Goreng Telat, Ganjar Murka ke Anak Usaha BUMN: Jangan PHP, Semua Sudah Menjerit! Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Tags : Savewadas Ganjar
Rekomendasi