Andika Bolehkan Keturunan PKI Jadi TNI, Pakar UGM: Kemajuan yang Luar Biasa

| 01 Apr 2022 12:13
Andika Bolehkan Keturunan PKI Jadi TNI, Pakar UGM: Kemajuan yang Luar Biasa
Andika Perkasa (Antara)

ERA.id - Panglima TNI Andika Perkasa telah membolehkan keturunan PKI untuk mengikuti seleksi prajurit TNI karena dinilai tidak melanggar isi Ketetapan (TAP) MPRS XXV Tahun 1966.

Direktur Eksekutif Indonesian Presidential Studies (IPS) Nyarwi Ahmad menilai pernyataan tersebut menunjukkan Andika sebagai sosok jenderal yang humanis. "Apa yang disampaikan panglima TNI Jenderal Andika Perkasa ini juga menandakan bahwa TNI di bawah kepemimpinannya menunjukkan kemajuan luar biasa," kata Nyarwi, Jumat (1/4/2022).

Menurutnya, kemajuan TNI tidak hanya ditandai dengan makin tingginya komitmen dalam menjalankan peran, tugas, dan fungsi TNI sesuai dengan dasar konstitusi dan peraturan perundang-undangan.

"Lebih dari itu, agenda pengembangan SDM, perubahan, dan inovasi budaya berpikir TNI juga mengalami kemajuan yang pesat," kata pengajar komunikasi politik UGM ini.

Jika diperhatikan selama beberapa bulan terakhir ini, lanjut Nyarwi, sejumlah terobosan telah dilakukan oleh Andika, termasuk terkait hal-hal yang menjadi syarat dan dasar penilaian rekrutmen anggota TNI.

"Penegasan Jenderal Andika terkait dengan dengan individu-individu yang anggota keluarganya di masa lalu disinyalir menjadi bagian dari underbow PKI merupakan sikap humanisme yang luar biasa dan perlu kita apresiasi bersama," katanya.

Ia menjelaskan, penegasan tersebut menunjukkan Andika bukan sekadar panglima yang konsisten dengan dasar konstitusi dan regulasi yang mengatur tentang fungsi, peran, dan kewenangan TNI saja.

"Ini juga menunjukkan bahwa dia merupakan sosok pimpinan yang humanis dan sangat menghargai dan menjunjung tinggi prinsip-prinsip humanisme atau kemanusiaan," katanya.

Kami juga pernah menulis soal Keturunan PKI Dibolehkan Ikut Seleksi TNI, DPR: Kan Belum Tentu Diterima Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi