Aksi Anies Sindir Wacana 3 Periode Saat Khutbah di UGM: 6 Bulan Lagi Pensiun Jadi Gubernur, Enggak Ada Perpanjangan Soalnya Mas..

| 08 Apr 2022 10:43
Aksi Anies Sindir Wacana 3 Periode Saat Khutbah di UGM: 6 Bulan Lagi Pensiun Jadi Gubernur, Enggak Ada Perpanjangan Soalnya Mas..
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Antara)

ERA.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berceramah di agenda salat tarawih Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Kamis (7/4/2022) malam. Anies berbicara sekitar satu jam.

Bukan hanya soal pengelolaan kota berbasis lingkungan sesuai tema dari panitia, melainkan juga soal kenangannya kuliah di UGM, termasuk menyindir sejumlah isu politik.

"Alhamdulillah 4-5 tahun ini saya menjadi gubernur, 6 bulan lagi pensiun. Enggak ada perpanjangan soalnya, Mas," kata Anies disambut tawa dan tepuk jemaah

"Kenapa tepuk tangan ini," lanjut Anies sambil tersenyum.

Ucapan Anies itu langsung mengingatkan wacana perpanjangan jabatan Presiden Joko Widodo yang sempat bergulir.

Menurut Anies, selama menjadi gubernur, ia berupaya menjaga ketenangan. "Saya bulan Oktober besok kalau tdk ada perubahan, halangan, itu selesai. Selama 4,5 tahun ini ketenangan dan keteduhan ini dibangun," kata dia.

Anies juga mengenang saat menjadi mahasiswa dan Ketua Senat UGM. Saat itu kerap digelar debat terbuka dan muncul kritik bahkan terhadap sesama mahasiswa.

"Kalau ada yang mengkritik tidak perlu dilaporkan. Di kampus harus bicara bebas. Kami terbiasa menjaga iklim demokrasi dan melawan rezim Orde Baru yang tak bersahabat dengan mahasiswa," katanya.

Dikaitkan dengan kenangan itu, ia lantas menceritakan pengalamannya.

"Tadi pagi ada yang mengirimi saya, di grup alumni UGM, ada foto tarawih bawa spanduk di belakangnya," kata Anies yang juga disambut tawa hadirin.

Sehari sebelumnya, di ceramah tarawih UGM juga, sebuah spanduk #SaveWadas dibentangkan saat Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berkhotbah.

Anies merasa kejadian itu sama dengan pengalamannya dulu saat berdemonstrasi. "Pas saya lihat itu, wih podo (sama). Biyen awake dewe yo ngene iki (dulu kita juga seperti ini). Ternyata di UGM masih terus ada tradisi untuk memikirkan lebih dari diktat pelajaran," katanya.

Saat datang dan pulang dari acara ini, sejumlah jemaah meneriakkan 'Anies Presiden'. Menanggapi ini, ia menyatakan tengah fokus menjadi Gubernur DKI dan akan mengambil sikap setelah jabatan ini selesai pada Oktober 2022. "Aku isih nyambut gawe (masih bekerja)," ujarnya.

Kami juga pernah menulis soal 'Diangkat Saja Mas, Ini Demokrasi', Lagi Asyik Ceramah di Masjid UGM, Ganjar Pranowo Malah Disambut Spanduk #SaveWadas Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi