Belum Dibakar, Petasan di Madiun Sudah Meledak, Hasilnya Tubuh Warga Rusak

| 28 Apr 2022 11:02
Belum Dibakar, Petasan di Madiun Sudah Meledak, Hasilnya Tubuh Warga Rusak
Ilustrasi petasan (Antara)

ERA.id - Pemilik petasan di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, mesti gigit jari. Pasalnya, sekitar 1 kilogram bubuk petasan yang disimpan dalam rumahnya, meledak.

Kejadian itu terjadi di Desa Nglandung, Kecamatan Geger. Rumah dan badan sang empunya petasan ikut rusak sebab ledakan itu.

Kapolsek Geger AKP yunus Kurniawan mengatakan, rumah itu dimiliki Purwanto (48). Sedangkan penyimpan bubuk petasan adalah Amzad Tri Ardhiansyah (21) yang merupakan anak Purwanto.

"Berdasarkan keterangan dari korban sekaligus penyimpan bubuk petasan, barang itu disimpan di dalam lemarinya. Saat hendak dilihat seusai sahur tadi, tiba-tiba meledak setelah dibuka kotak penyimpannya," ujar AKP Yunus, Rabu (27/4/2022).

Akibat ledakan tersebut, korban mengalami luka bakar serius di bagian kaki dan tangan. Saat ini korban masih menjalani perawatan di RSUD Soedono Madiun.

Selain melukai korban, ledakan bubuk petasan tersebut juga merusak rumah orang tuanya. Terutama di bagian kamar tempat menyimpan bubuk tersebut.

Hingga kini tim Inafis Polres Madiun masih melakukan penyelidikan lanjut mengenai penyebab dari ledakan bubuk petasan sebanyak 1 kilogram tersebut.

Berdasarkan pengakuan pelaku, saat membuka kotak penyimpannya, yang bersangkutan sama sekali tidak menyalakan api. Bubuk petasan itu tiba-tiba saja meledak. Beruntung penghuni rumah lainnya tidak mengalami luka.

Selain masih menyelidiki penyebab ledakan, polisi juga belum mengetahui alasan korban menyimpan bubuk petasan seberat 1 kilogram tersebut di dalam kamarnya.

Korban sekaligus pelaku belum dapat dimintai keterangan secara baik karena masih menjalani perawatan medis.

Rekomendasi