Rangkaian Acara H-1 Pernikahan Adik Jokowi dan Ketua MK di Solo: Anwar Usman Bakal 'Jonggolan' di KUA

| 23 May 2022 21:04
Ketua MK Anwar Usman (Amalia/era.id)

ERA.id - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dan Adik Pesiden Joko Widodo, Idayati, dijadwalkan menikah pada Kamis (23/5/2022). Untuk syarat pernikahan ini, ada satu tahapan yang belum dilaksanakan pasangan ini.

Tahapan yang dimaksud yakni Jonggolan atau pemeriksaan data-data kedua mempelai. Rencananya Jonggolan dijadwalkan terlaksana pada Sabtu (21/5/2022).

Namun karena kesibukan, prosesi ini terpaksa diundur dan dijadwalkan terlaksana pada Rabu (25/5/2022).

”Berhubung Bapak Ketua MK banyak acara, Insya Allah diundur besok Rabu. Kita nunggu konfirmasi dari utusannya ada perubahan atau tidak,” kata Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Banjarsari Arbain Basyar saat ditemui di kantornya Senin (23/5/2022).

Selain Jonggolan, sehari menjelang pernikahan juga dijadwalkan geladi bersih. Untuk Jonggolan ini, mempelai laki-laki dan perempuan akan dihadirkan.

”Jadi nanti kita fix-kan secara administrasi. Supaya dalam pelaksanaan acara, data-data yang kami tulis di buku nikah benar. Tidak ada perubahan,” katanya.

Arbain menjelaskan secara umum proses administrasi sudah fix. Namun Jonggolan ini tetap diperlukan agar pelaksanaan acara lancar dan data yang ditulis di buku nikah benar.

”Sehingga tidak ada perubahan lagi,” katanya.

Sementara untuk pelaksanaan geladi bersih, akan dilaksanakan sore harinya. Namun terkait geladi bersih, KUA masih menunggu informas lebih lanjut dari keluarga. ”Kalau arahan dari utusannya kemarin seperti itu, Jonggolan dulu, baru sorenya geladi bersih,” katanya.

Sebagai informasi, pernikahan adik Presiden Joko Widodo dengan Ketua Mahkamah Konstitusi akan dijadwalkan pada Kamis (26/5/2022) di Graha Saba Buana. Dalam acara ini, Presiden Jokowi akan bertindak sebagai wali nikah.

Anwar Usman sendiri, hari sebelumnya sudah datang ke Solo untuk urusan administrasi menjelang pernikahan ini. ”Hari ini agendanya menyelesaikan administrasi untuk tanggal 26. Jadi saya mau langsung ke KUA,” ucap Anwar saat menghadiri acara halal bi halal warga Dompu-Bima, kemarin (22/5/2022).
 

Rekomendasi