Jokowi Bakal Nikahkan Sendiri Adiknya dengan Ketua MK, KUA: Beliau yang Menghendaki

| 24 May 2022 18:36
Jokowi Bakal Nikahkan Sendiri Adiknya dengan Ketua MK, KUA: Beliau yang Menghendaki
Presiden Joko Widodo (Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo rencananya akan menikahkan sendiri adiknya, Idayati dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, Kamis (26/5/2022). Hal ini dilakukan atas permintaan pribadi dari Presiden Joko Widodo.

Informasi ini disampaikan oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Banjarsari, Solo Arba’in  Basyar saat ditemui, Selasa (24/5/2022). ”Insyaallah yang memandu saya, tapi yang menikahkan Bapak Jokowi sendiri,” ucapnya.

Arba’in mengatakan permintaan ini merupakan hal yang dikehendaki sendiri oleh Presiden Jokowi. ”Wali nikahnya kan pak Jokowi. Beliau sendiri yang menghendaki menikahkan sendiri,” katanya.

Sehingga nantinya penghulu hanya bertugas untuk memandu saja. Untuk akad nikahnya akan ada dua bahasa yang disiapkan oleh KUA Banjarsari. Hal ini dikarenakan dari pihak keluarga meminta disiapkan dua bahasa, yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa.

Namun terkait bahasa yang dipilih, KUA menyerahkan sepenuhnya pada pihak keluarga. ”Kami belum tahu pakai yang mana. Kami diminta menyiapkan dua bahasa, ya kami siapkan,” ucapnya.

Prosesinya mulai dari pembukaan, penyerahan mas kawin, pembacaan ayat suci Alquran, khotbah nikah, akad nikah, pembacaan sighot taklik, penandatanganan, penyerahan buku nikah dan selesai.  

”Prosesinya berlangsung sekitar 30 menit,” ucapnya.

Sebagai informasi, pernikahan adik Presiden Jokowi, Idayati dengan Ketua MK Anwar Usman akan dilangsungkan di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Kamis (24/5/2022). Dalam pernikahan ini, Presiden Jokowi bertindak sebagai wali nikah.

Sementara saksinya yakni Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dari pihak perempuan dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dari pihak mempelai laki-laki.

Rekomendasi