Solo Tuan Rumah TIIWG G20, Delegasi dari 14 Negara Mulai Hadir

| 04 Jul 2022 22:28
Solo Tuan Rumah TIIWG G20, Delegasi dari 14 Negara Mulai Hadir
: Ilustrasi apel gelar pasukan untuk pengamanan acara TIIWG G20, Senin (4/7/2022).

ERA.id - Delegasi dari 14 negara anggota G20 sudah datang ke kota Solo untuk mengikuti Trade Industry and Investment Working Group (TIIWG) G20 di kota Solo. Mereka akan mengikuti kegiatan yang diselenggarakan mulai 5-7 Juli 2022.

Deputi Bidang Kerjasama Penanaman Modal Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Riyatno mengatakan untuk kegiatan ini, host-nya dari Kementerian Investasi. ”Para delegasi sudah mulai tiba hari ini,” katanya saat ditemui di Kota Solo, Senin (4/7/2022).

Ada empat kegiatan utama dalam penyelenggaraan TIIWG G20 ini. Dimulai dengan welcome dinner di Keraton Kasunanan Surakarta pada 5 Juli 2022, kemudian dilanjutkan dengan persidangan di Hotel Alila pada 6-7 Juli 2022. Dan acara ditutup dengan kirab dari rumah dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung dan gala dinner di Balai Kota Solo.

Untuk agenda persidangan akan dibuka langsung oleh Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar dan Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid. ”Selanjutnya, keempat akan ada kirab budaya G20, itu di tanggal 7 Juli. Persiapannya dari Loji Gandrung," katanya.

Rencananya kegiatan ini akan diikuti sebanyak 14 neggara yang terdiri dari 106 peserta. Ditambah lagi ada 48 orang dari perwakilan lima organisasi internasional.

”Ditambah ada negara-negara undangan yang akan turut serta hadir,” katanya.

Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa mengatakan persiapan keamanan dan kenyamanan para tamu G20 harus terpantau dengan baik.

"Untuk persiapan datangnya tamu negara menjadi tugas kami bersama untuk melayani dan membuat nyaman para tamu yang datang. Bukan hanya para tamu tetapi juga masyarakat yang nantinya akan menjadi tuan rumah," katanya

Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan personel yang diterjunkan untuk mengamankan jalannya kegiatan G20 ada sebanyak 796 personel. Pengamanan meliputi kegiatan persidangan, kirab budaya hingga gala dinner.

”Ada beberapa spot yang kami amankan, seperti Loji Gandrung, Hotel Alila yang dijadikan tempat persidangan,” ucap Ade Safri usai apel pengamanan di Benteng Vastenburg, Senin (4/7/2022).

Untuk Rumah Dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung akan digunakan sebagai rumang transit menteri. ”Beberapa tamu delegasi juga akan transit di sana,” katanya.

Tags : TIIWG kota solo
Rekomendasi