Mengenal Jenis-Jenis Jaket untuk Tampil Keren dengan Berbagai Keunggulan

| 12 Mar 2023 09:05
Mengenal Jenis-Jenis Jaket untuk Tampil Keren dengan Berbagai Keunggulan
Ilustrasi jenis jaket hoodie (pexels)

ERA.id - Saat ini jaket tidak hanya menjadi pakaian untuk menjaga tubuh tetap hangat, tetapi juga penunjang gaya. Jenis-jenis jaket juga sangat banyak sehingga Anda bisa memilih jaket yang sesuai kebutuhan dan keinginan.

Meski bagian dari fashion, pemilihan jaket tetap perlu memperhatikan fungsi utamanya. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan manfaat secara optimal. Sebagai bahan pertimbangan, berikut adalah beberapa jenis jaket yang bisa Anda pilih, dikutip Era.id dari berbagai sumber.

Jenis-Jenis Jaket untuk Tampil Keren

·         Jaket Parasut

Jaket ini biasanya lebih disukai oleh pria. Jaket parasut terbuat dari kain parasut. Biasanya, bagian leher dibuat cukup tinggi sehingga leher cukup tertutup. Ada beberapa keunggulan yang dimiliki jaket ini, seperti tidak mudah tembus angin, tidak mudah tembus air (tetapi bukan tahan air), tidak mudah kusut, dan mudah dibersihkan.

·         Hoodie

Ini merupakan jaket sebagai fashion yang disukai oleh kaum muda, baik pria maupun wanita. Jaket berupa sweater dengan penutup kepala lengkap dengan tali dan kantong atau saku pada bagian depan bawah. Hoodie tidak punya ritsleting atau kancing.

·         Jaket Kulit

Ini merupakan jenis jaket yang eksis sejak dahulu hingga saat ini. Bahan dasar pembuatan jaket ini adalah kulit binatang. Ciri khas dari jaket kulit adalah adanya ritsleting pada bagian depan. Selain sangat hangat, jaket kulit cocok digunakan untuk berkendara sebab terbilang kuat.

·         Jaket Bomber

Ilustrasi jaket bomber (unsplash)

Ini termasuk jaket yang bisa digunakan dalam gaya kasual. Kerah berupa bahan elastis yang tidak berdiri. Bahan yang digunakan untuk membuat jaket ini tahan angin dan cukup tahan air. Meski demikian, jaket ini memiliki bobot yang cukup ringan.

·         Jaket Blouson

Ini merupakan jenis jaket dengan ritsleting pada bagian depan. Model dari jaket ini mirip dengan jaket bomber. Hal yang membedakannya adalah jaket blouson dilengkapi dengan kerah klasik. Gaya jaket ini cukup formal dan elegan.

·         Jaket Parka

Jaket parka adalah jaket yang biasanya digunakan untuk mendaki gunung. jaket ini berkancing pada bagian depan dan punya panjang hingga menutupi paha. Parka juga dilengkapi penutup kepala, sedangkan bagian pergelangan dan pinggang dilengkapi tali pengikat. Jaket ini mampu menahan angin dan air hujan.

·         Jaket Denim

Ilustrasi jaket denim (pexels)

Seperti pula jaket kulit, jaket denim termasuk jaket yang tak lekang oleh waktu. Jaket denim cocok untuk acara kasual. Terbuat dari bahan denim, jaket ini tebal dan kuat. Jaket ini bisa dipadukan dengan berbagai jenis baju dan kaus.

·         Jaket Raincoat

Jaket raincoat sangat cocok digunakan saat musim hujan. Jaket dengan penutup kepala dan dilapisi bahan waterproof ini mampu melindungi tubuh dari air hujan. Dengan demikian, jaket ini juga kerap digunakan untuk naik gunung.

·         Jaket Sport

Jaket ini punya desain yang cukup formal yang bisa terbuat dari beberapa jenis bahan, seperti suede, tweed, dan corduroy. Dahulu, jaket ini digunakan untuk olahraga kelas tinggi, seperti menembak atau berburu.

·         Jaket Coach

Jaket coach termasuk salah satu jaket yang hit bagi kalangan muda. Jaket coach tampak sangat bersih dan halus. Bagian depan jaket ini dilengkapi dengan kancing. Jaket ini biasanya cukup tipis, tetapi kuat menahan terpaan angin dan air sehingga cukup hangat. 

      ·         Jaket Utility

Jenis jaket ini bisa memberikan kesan edgy sekaligus maskulin. Namun, jaket ini juga bisa digunakan oleh perempuan. Ciri khas jaket utility adalah kantong atau saku yang jumlahnya cukup banyak.

Rekomendasi