Berbagai Tren Baju Lebaran 2023 untuk Perempuan

| 08 Apr 2023 09:30
Berbagai Tren Baju Lebaran 2023 untuk Perempuan
Ilustrasi tren baju Lebaran 2023 gamis (Twitter @txtracunshopee)

ERA.id - Lebaran tidak lama lagi. Baju untuk Lebaran mulai dipikirkan dan dicari. Uniknya, tren baju Lebaran 2023 terbilang sangat variatif sehingga Anda bisa melakukan eksplore dengan lebih leluasa.

Namun, perpaduan motif floral dengan motif geometris dan logo monogram kemungkinan masih jadi tren bagi kaum perempuan. Ini merupakan tren busana wanita dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut perancang busana dari Indonesian Fashion Chamber (IFC), Lisa Fitria, busana dengan warna-warna pastel juga masih diminati sebagian perempuan. Busana seperti ini menampilkan gaya klasik elegan dan feminin romantis.

"Karena pada dasarnya wanita Indonesia mayoritas menyukai gaya ini. Hal ini bisa terlihat brand-brand busana muslim mengeluarkan koleksi Lebaran hampir mirip," ungkap Lisa, dikutip Era.id dari Antara.

Pilihan Tren Baju Lebaran 2023 Perempuan

Salah satu tren busana yang tetap bertahan adalah sarimbit. Memakai busana sarimbit atau berwarna dan bercorak sama jadi tren sebagian keluarga untuk merayakan Idulfitri. Lisa mengatakan, alasan dari pemilihan gaya ini adalah untuk memberikan kesan keluarga yang rukun, kompak, dan bahagia.

"Sarimbitan sudah menjadi semacam statement kekompakan atau citra keluarga yang bahagia dan rukun. Untuk itu kenapa hampir mayoritas brand muslim mengeluarkan koleksi sarimbitan untuk keluarga," terangnya.

Meski demikian, ada beberapa gaya busana lain yang bisa menjadi tren pada Lebaran tahun ini. Berikut adalah beberapa contohnya.

1.    Gamis

Gamis punya ciri yang sangat beragam. Gamis tidak selalu polos, ada pula gamis yang bermotif. Tahun ini cukup banyak motif yang bisa dipilih saat Anda ingin membeli gamis, terutama tema floral, seperti kayu, bunga, dan dedaunan. 

Saat ini juga ada tren menggunakan gamis yang memadukan kain brokat dengan payet. Hal ini akan membuat gamis tampak lebih mewah. Gamis brokat juga biasanya menggunakan aksen jahitan serut pada bagian pinggang atau lengan.

2.    Tunik

 Ilustrasi tunik untuk Lebaran (Twitter @TheFemaleNeeds)

Jika Anda tidak suka menggunakan rok atau gaun, Anda bisa memilih baju model tunik. Anda bisa tampil elegan dengan memadukan tunik dengan celana kulot.

Jika Anda ingin mendapatkan kesan cukup mewah, pilihlah tunik yang berbahan brokat. Sementara, jika Anda tidak ingin tampil terlalu ramai, Anda bisa memilih atasan bermotif dengan bawahan sederhana dan aksesoris polos.

3.    Kaftan

Kaftan termasuk tren baju Lebaran yang hampir selalu ada. Busana ini dirancang memiliki bagian lengan yang sangat longga sehingga terasa ringan. Motif dari kaftan biasanya polos, tetapi desain dengan kain yang tampak longgar dan diikat-ikat membuatnya tidak sepi.

4.    Abaya

Abaya merupakan busana yang mirip gaun panjang. Di Indonesia, busana ini kerap disebut sebagai gamis Arab. Umumnya abaya memiliki motif polos, tetapi saat ini ada banyak abaya yang dibuat dengan berbagai variasi, misalnya penambahan brokat.

Pakaian ini menampilkan kesederhanaan yang anggun sebab memang umumnya tidak memiliki desain yang neko-neko. Kain tampak menjuntai dari atas hingga bawah, kadang menutupi sebagian besar kaki.

Itulah beberapa tren baju Lebaran 2023 untuk digunakan para perempuan. Anda bisa memilih gaya mana yang lebih cocok untuk Anda gunakan. 

Rekomendasi