Tips Padu Padan Baju Lebaran dari Koleksi Lama ala Desainer Ayu Dyah Andari

| 01 Apr 2024 08:30
Tips Padu Padan Baju Lebaran dari Koleksi Lama ala Desainer Ayu Dyah Andari
Koleksi baju lebaran ala Ayu Dyah Andari di IFW 2024, Jakarta (ERA.ID / Dinno Baskoro)

ERA.id - Membeli baju baru saat lebaran sepertinya sudah menjadi tradisi bagi banyak kalangan. Bahkan ada kebiasaan sudah menyiapkan baju baru tersebut sejak jauh-jauh hari sebelum lebaran tiba. 

Tapi sayangnya, sebagian orang mungkin enggan atau bahkan tidak mau membeli baju baru untuk lebaran karena satu hal dan lainnya. 

Untuk itu, desainer modest wear, Ayu Dyah Andari membagikan beberapa tips padu padan baju lebaran dari koleksi lama biar tampil stylish dan tidak perlu merogoh kocek dalam untuk tampil gaya di Hari Raya.

Ayu Dyah Andari menjelaskan, dirinya menyebut konsep padu padan busana dari koleksi lama dengan sebutan modular fashion. 

Tips ini merujuk pada satu baju di mix and match dengan barang lain sehingga menjadi busana yang terkesan fresh atau baru.

Ayu mengatakan, misalnya kita memiliki dress di lemari. Tampilan di Hari Raya bisa ditambahkan dengan outer lain. 

"Kalau punya kebaya dengan kancing, tahun lalu pakainya dengan kancing semua, tahun ini bisa dibuka kancingnya bisa digabungkan dengan inner loose," ujar Ayu Dyah Andari saat ditemui di Indonesia Fashion Week (IFW 2024), di Jakarta, baru-baru ini.

Kalau memiliki outer brokat dan inner warna putih, tahun ini bisa dipakai outernya saja dan innernya diubah dengan model atau warna lain.

"Misalnya innernya pakai embroidery warna pink. Jadi baju yang sama dasarnya kemudian diberi sentuhan baru sehingga bisa jadi baju yang lain," tuturnya.

Ayu juga mengatakan, kita juga dapat memilih baju dengan desain bernuansa klasik, karena kata dia, desain klasik itu termasuk yang long lasting, alias tren-nya tidak ketinggalan zaman. 

"Sebagian besar baju yang aku desain memang yang bisa diwariskan ke anak cucu bukan yang tren doang. Bahkan ada yang pesen baju lima tahun lalu kita masih bikinin, karena memang bahan semua aku bikin sendiri bukan beli di toko," pungkasnya.

Rekomendasi