Tips Memilih Kacamata Mengemudi, Tampil Keren dan Safety

| 06 Apr 2024 21:38
Tips Memilih Kacamata Mengemudi, Tampil Keren dan Safety
Tips memilih kacamata mengemudi (unsplash)

ERA.id - Sinar matahari memang bikin silau. Apalagi saat sedang berkendara, karena ha buruk dapat mengganggu penglihatan dalam mengemudi. Untuk itu, Anda harus paham betul berbagai tips memilih kacamata mengemudi agar tidak salah.

Memilih kacamata mengemudi yang tepat dapat memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan penglihatan dan mengurangi silau, melindungi mata dari sinar UV, hingga meningkatkan kenyamanan saat mengemudi.

Namun, dengan banyaknya pilihan, memilih kacamata mengemudi yang tepat bisa menjadi hal yang membingungkan. Artikel ini akan membahas tips-tips penting yang perlu dipertimbangkan Anda pertimbangkan sebelum meminang kacamata mengemudi.

Tips Memilih Kacamata Mengemudi

Dilansir dari laman Zeiss, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih kacamata mengemudi:

1. Punya Lapisan Optimal

Banyak sumber cahaya yang dapat memengaruhi penglihatan Anda saat berkendara, seperti sinar matahari yang terang, lampu depan, cahaya liar dari lampu jalan, dan pantulan pada kacamata atau kaca depan.

Untuk itu, suatu lensa kacamata tanpa lapisan anti-reflektif dapat menyebabkan masalah penglihatan karena pantulan yang mengganggu, misalnya pada jalan basah dan lalu lintas yang datang. I

Lensa kacamata dengan lapisan khusus kemudian sangat direkomendasikan untuk pengemudi yang sering mengemudi di senja hari dan malam hari, karena lensa ini memberikan penglihatan paling bebas silau.

2. Perlindungan Tambahan dengan Filter Polarisasi

Pantulan, baik dari permukaan logam maupun air di jalan, dapat menimbulkan risiko tambahan dengan lensa kacamata standar. Lensa kacamata terpolarisasi menawarkan keamanan tambahan dalam situasi ini.

Polarisasi sendiri dapat menyaring cahaya dan mengurangi pantulan berbahaya yang dapat dihasilkan oleh jalan basah atau salju.

Kemudian pada saat yang sama, pewarnaan khusus untuk lensa kacamata dapat meningkatkan kontras dan persepsi warna. Ini memungkinkan Anda untuk melihat kendaraan yang datang lebih awal dan lebih jelas, berapapun jarak pandangnya.

Meskipun demikian, harap dicatat bahwa lensa polarisasi dapat mengganggu kemampuan Anda untuk melihat tampilan dasbor tertentu. Sebaiknya periksa sebelum membeli.

Pilih Kacamata dengan Perlindungan Tambahan dengan Filter Polarisasi (unsplash)

3. Pewarna Lensa yang Menambah Kenyamanan

Warna lensa tertentu bisa sangat menyenangkan untuk berkendara. Sebagai contoh warna coklat atau abu-abu dapat membantu Anda mengenali sinyal lampu seperti lampu lalu lintas atau lampu rem dalam hitungan milidetik.

Tips: lensa berwarna dengan gradien warna akan memberi Anda pandangan yang lebih baik pada panel instrumen, karena warnanya menjadi lebih terang ke arah tepi bawah.

4. Kacamata yang Dapat Mencegah Debu dan Kotoran

Apakah Anda menderita mata teriritasi akibat udara panas di musim dingin? Sebaiknya, Anda pilih tipe frame kacamata tertentu yang menawarkan perlindungan tambahan terhadap partikel debu atau serangga kecil.

Selain itu, pilih kacamata yang memiliki suatu lapisan tertentu yang  secara efektif melindungi lensa kacamata dari goresan dan pengaruh lingkungan yang merusak.

5. Kacamata dengan Teknologi Inovatif

Pengukuran yang dilakukan oleh  ZEISS menunjukkan bahwa manusia akan melihat ke jalan di depan dan ke arah lalu lintas yang datang rata-rata 97% dari keseluruhan waktu mengemudi kita.

Selain itu, mata pengemudi juga memiliki tugas lain untuk dilakukan, seperti mengalihkan fokus antara kaca spion samping, kaca spion belakang, dan dasbor. Meskipun hal ini tidak menjadi masalah bagi pengemudi muda, tetapi mulai dari usia 35-40 tahun ke atas, mata tidak lagi dapat beradaptasi.

Manusia membutuhkan lensa progresif khusus untuk mengatasi hambatan ini. Untuk itu, zona menengah dan jauh dari lensa progresif dapat membantu memfokuskan kembali dengan cepat saat mata bergerak antara jalan di depan dan dasbor dengan gerakan minimal.

Selain tips memilih kacamata mengemudi, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi