Tips Memakai Baju Oversize untuk Orang Gemuk, Bisa Pas dan Stylish

| 04 Aug 2024 17:01
Tips Memakai Baju Oversize untuk Orang Gemuk, Bisa Pas dan Stylish
Ilustrasi baju oversize untuk orang gemuk (Freepik)

ERA.id - Baju model oversize sedang digemari oleh berbagai kalangan saat ini. Rasanya sangat mudah sekali sehari-hari menjumpai orang yang memakai outfit baju oversize. Sebagai orang yang selalu ingin tampil trendy, pastinya Anda juga tertarik mengenakan pakaian oversize. 

Meski terlihat keren dan kekinian, namun tidak semua orang bisa tampil percaya diri untuk mengenakan pakaian oversize. Masih banyak orang-orang yang memiliki badan gemuk merasa ragu-ragu memakai outfit oversize. Mereka mengkhawatirkan tubuhnya akan tampak makin gemuk ketika memakai baju oversize. 

Sebenarnya baju oversize pantas dikenakan siapa saja, termasuk bagi Anda yang memiliki bentuk badan gemuk. Namun Anda harus bisa memilih cutting dan padu padan yang pas agar outfit oversize tidak bikin tampilan justru makin terlihat membengkak. Sebaiknya Anda mempelajari tips memakai baju oversize untuk orang gemuk agar bisa tampil keren. 

Tips Memakai Baju Oversize untuk Orang Gemuk

Model baju oversize dengan potongan yang longgar atau lebih besar dari ukuran normalnya memang sedang disukai. Mengenakan outfit oversize dapat membuat tampilan Anda terlihat sederhana, santai, dan tetap stylish. Gaya pakaian ini nyaman dikenakan untuk kegiatan santai sehari-hari hingga acara semi-formal. 

Namun jika salah memilih ukuran dan kombinasi pakaian, maka pakaian oversize justru membuat tampilan jadi aneh atau kurang keren. Apalagi bagi Anda yang berbadan gemuk, maka harus cermat ketika membeli baju oversize agar bisa mendapatkan yang sesuai.

Berikut adalah beberapa tips untuk orang gemuk agar bisa terlihat keren dan stylish saat memakai baju oversize:

Ilustrasi baju oversize untuk orang gemuk (Freepik)

Pilih Potongan yang Tepat

Sebaiknya hindari baju oversize dengan potongan yang terlalu longgar. Meskipun baju oversize memiliki potongan yang lebih besar atau lebar, pilihlah yang tidak terlalu besar hingga menenggelamkan bentuk tubuh Anda. Potongan yang terlalu longgar bisa membuat penampilan terlihat kurang rapi.

Perhatikan Proporsi

Saat memakai baju oversize, cobalah memadukan dengan bawahan yang sedikit ketat. Untuk menciptakan keseimbangan, pakai atasan oversize bersama bawahan yang lebih ketat atau lebih ukurannya lebih ramping dibanding bajunya. 

Misalnya Anda bisa memakai celana dengan potongan straight atau sedikit slim fit, baik itu jenis jeans atau chinos. Model celana yang lebih ramping ini akan membantu menonjolkan bentuk tubuh dan menciptakan siluet yang lebih proporsional.

Pilih Warna dan Motif yang Tepat

Bagi orang bertubuh gemuk, pilihlah baju oversize dengan warna gelap. Baju berwarna hitam, navy, dan cokelat tua dapat menciptakan efek langsing atau ramping pada tubuh pemakainya. Selain itu, sebaiknya Anda juga memilih baju dengan warna solid. Hindari baju dengan motif besar karena model pakaian ini justru dapat menambah volume tubuh.

Referensi lainnya, Anda bisa memakai baju oversize dengan motif vertikal. Baju bermotif vertikal garis-garis dapat membantu memberikan ilusi tubuh yang lebih panjang dan ramping. Di samping itu, hindari baju bermotif horizontal atau motif besar karena justru akan bikin tubuh terlihat lebih lebar.

Gunakan Aksesori yang Tepat

Saat memakai baju oversize, Anda juga bisa menambahkan fashion item aksesoris. Memakai aksesoris yang tepat dan perhiasan misalnya, bisa memberikan sentuhan elegan pada tampilan Anda. Gunakan perhiasan minimalis seperti kalung panjang atau anting-anting sederhana untuk menambah kesan stylish tanpa membuat tampilan terlalu ramai.

Sementara untuk penampilan bagian bawah, Anda harus memakai sepatu yang tepat. Pilih sepatu yang sesuai dengan gaya Anda. Sepatu hak tinggi bisa membantu memberikan ilusi kaki yang lebih panjang. Sementara sepatu flat yang simpel bisa menciptakan tampilan kasual yang nyaman.

Eksperimen dengan Layering

Layering ketika memakai baju oversize juga bisa membuat tampilan Anda yang berbadan gemuk jadi lebih stylish. Jangan ragu untuk mencoba layering dengan baju oversize. Anda bisa mengenakan kaos atau kemeja berpotongan lebih pas di bawah baju oversize. 

Selain itu, Anda juga bisa mencoba mengenakan jaket atau kardigan sebagai lapisan luar ketika memakai baju oversize. Gaya berpakaian ini tidak hanya memberikan dimensi lebih pada tampilan, tetapi juga menciptakan kesan lebih atraktif.

Demikianlah tips memakai baju oversize untuk orang gemuk agar bisa tampil dengan nyaman, percaya diri, dan tampak keren serta stylish. Baju oversize bisa menjadi pilihan yang sangat baik bagi orang gemuk yang ingin tampil modis dan nyaman. Baca juga gaya OOTD oversize ala seleb dunia.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi