Jenis Sepatu yang Harus Dimiliki Pria dalam Berbagai Situasi

| 26 May 2024 09:02
Jenis Sepatu yang Harus Dimiliki Pria dalam Berbagai Situasi
Jenis sepatu yang harus dimiliki pria (freepik)

ERA.id - Sepatu menjadi salah satu elemen penting dalam penampilan pria. Selain menunjang fungsionalitas, pemakaian sepatu yang tepat dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Memilih sepatu yang tepat bisa membingungkan, mengingat banyaknya jenis dan model yang tersedia. Untuk itu, artikel ini akan membahas beberapa jenis sepatu yang wajib dimiliki pria untuk berbagai keperluan.

Jenis Sepatu yang Harus Dimiliki Pria

Dilansir dari laman MR Porter, berikut ini beberapa rekomendasi tipe sepatu yang wajib dimiliki pria dalam berbagai kondisi:

1. Sepatu Boot Chelsea

Dari sekian banyak gaya sepatu bot yang ada, chelsea adalah yang terbaik. Pertama kali muncul sebagai sepatu berkuda di abad ke-19 tipe sepatu ini kemudian menjadi identik dengan keanggunan musim dingin yang sederhana.

Ada banyak variasi sepatu bot Chelsea yang tersedia untuk dibeli saat ini, namun yang terbaik adalah sepatu kulit coklat tua dengan sol commando atau kulit yang tebal. Anda dapat memakai sepatu ini dengan jeans maupun dengan pakaian kerja yang rapi.

2. Loafer

Tidak semua sepatu slip-on dibuat sama. Terdapat beberapa jenis seperti gaya neapolitan atau loafer penny klasik. Untuk itu, pilihlah loafer serba bisa terbaik dengan warna coklat atau cokelat muda.

Sepatu loafer tidak akan pernah ketinggalan zaman dan dapat dengan mudah dikenakan dengan bawahan yang sederhana atau dengan pakaian yang lebih rapi.

Sepatu loafers pria (freepik)

3. Sepatu Tali Formal

Mungkin Anda akan menghadiri acara gala, atau mungkin Anda harus menghadiri acara resmi lainnya. Apa pun itu, jika dress code-nya formal, Anda akan membutuhkan sepatu Derby hitam atau Oxford yang kokoh.

Sebelum melanjutkan, bagi Anda yang hobi olahraga ternyata tidak semua sepatu dapat digunakan. Agar lebih paham, baca artikel: tips memilih sepatu sesuai jenis olahraga.

Sepatu Oxford yang memiliki ciri lubang tali di bawah vamp menjadi pilihan yang lebih cerdas daripada sepatu Derby dengan lubang tali di atas vamp. Selain itu gaya ujung bulat cenderung lebih mudah disesuaikan dengan situasi formal dan kasual daripada sepatu dengan ujung pahat atau runcing.

Jadi, pilihan yang aman adalah sepasang sepatu Derby hitam sol tebal yang memiliki karakter. Anda bisa memakainya dengan berbagai jenis pakaian dan tidak akan membuat Anda seperti bekerja di bank.

4. Sepatu Sneaker

Sebelum membeli sepatu sneaker, ada baiknya Anda mempertimbangkan bagaimana Anda akan memakainya dan bagaimana akan memadukannya.

Bagi Anda yang menyukai gaya klasik daripada pakaian yang lebih kasual, Anda dapat membeli sepatu adidas Samba low-slung.  Di sisi lain, jika Anda lebih suka memakai pakaian olahraga, Anda mungkin ingin memilih sesuatu yang sedikit lebih sporty, seperti Nike Air Max.

Apa pun bentuk atau gaya yang Anda pilih, pastikan untuk menjaga warnanya seterang mungkin agar sepatu sneaker tersebut sesuai dengan pakaian apa pun yang Anda pilih.

5. Selop Santai

Kita hidup di dunia yang semakin kasual, terbukti dengan menjamurnya sandal dan sepatu slip-on.

Untuk membeli sepasang sandal sendiri, ada baiknya Anda mulai mencari dari sumbernya. Sandal Boston suede Birkenstock dapat menjadi pilihan Anda di musim panas, karena cocok dengan pakaian kasual.

Selain jenis sepatu yang harus dimiliki pria, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi