TikTok Resmi Jadi Platform Gelaran Fashion Show JFW 2021

Tim Editor

Ilustrasi fashion show (Unsplash/@flaunter)

ERA.id - Pandemi mendorong adaptasi di berbagai lini, termasuk industri fashion. Hal ini membuat pegelaran busana masuk ke kanal daring. TikTok sebagai salah satu platform berbagi video pendek yang sangat populer dan digemari kalangan masyarakat. 

Pada tahun ini, TikTok sudah resmi menjadi tempat perhelatan ajang tahunan Jakarta Fashion Week (JWF). Direktur Jakarta Fashion Week, Lenni Tedja mengatakan dimasa pandemi saat ini, penyelenggara acara fashion show harus memutar otak agar menampilkan karyanya kepada para penikmat fashion.

"Di saat sebagian besar orang masih membatasi kegiatan di luar rumah, fashion brand dan desainer harus cerdas dan cepat mencari cara baru agar selalu terhubung dengan pelanggan, serta menghadirkan kreativitas baru di bidang fashion kepada para penggemar karya mereka. Di situlah TikTok berperan sebagai platform inovatif untuk ekspresi kreatif, khususnya di dunia fashion,” ungkap Lenni Tedja, Direktur Jakarta Fashion Week melalui media konferensi bersama TikTok bertajuk “Mendorong Revolusi Industri Fesyen di Platform Digital” via Zoom pada Jumat (20/11/2020).

Ria Sarwono, Brand & Marketing Director, Cottonink yang merupakan salah satu brand fashion lokal yang hadir di Jakarta Fashion Week mengatakan jika TikTok menghadirkan challenge seru dan kreatif. Sehingga, trik Cottonink menyampaikan koleksi terbarunya.

Media Konferensi TikTok via Zoom (Foto: Dok. TikTok Indonesia)

“Platform digital sudah menjadi bagian dalam perjalanan Cottonink sejak awal. Namun dengan adanya berbagai challenge seru dan kreatif di TikTok, itu memberikan cara baru bagi Cottonink untuk menyampaikan koleksi terbaru kami,” tutur Ria Sarwono, Brand & Marketing Director, Cottonink.

Di TikTok, konten fashion merupakan salah satu konten terpopuler, baik oleh pengguna di Indonesia maupun di seluruh dunia. Kreativitas pengguna TikTok menjadi satu hal yang dimanfaatkan oleh para brand fashion kelas dunia, mulai dari menyampaikan pesan brandnya, memasarkan koleksi terbaru, hingga mencari muse untuk desainnya.

"Kami melihat bagaimana industri fashion menemukan berinteraksi dengan komunitas kreatif yang ada di TikTok selama masa pandemi, dan mendorong kreativitas pengguna untuk menghadirkan fesyen papan atas dari rumah mereka masing-masing," kata Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations, TikTok Indonesia.

"Peluncuran kerjasama ini merupakan cara lain bagi mitra brand kami untuk memanfaatkan pendekatan yang otentik dan didorong oleh komunitas yang ada di platform kami, untuk memamerkan seni, kreativitas, dan kepribadian mereka dalam cara unik dan khas TikTok," lanjutnya.

Ini adalah bagian dari kerjasama TikTok dan Jakarta Fashion Week untuk mengadakan the 1st Virtual Fashion Show Festival di Indonesia. Penyelenggarakan Jakarta Fashion Week 2021 akan berlangsung mulai 26-29 November 2020 di akun resmi @jfwofficial di TikTok. Secara global, TikTok telah bermitra dengan berbagai brand fesyen, termasuk Puma Louis Vuitton, Saint Laurent, dan banyak brand lainnya untuk menyelenggarakan serangkaian TikTok LIVE.

Tag: Jakarta Fashion Week 2021

Bagikan: