Tribute to Barli Asmara di Jakarta Fashion Week 2021 Bikin Rindu Sang Desainer

Tim Editor

Tribute To Barli Asmara (Foto: Instagram/@jfwofficial)

ERA.id - Jakarta Fashion Week X Mandiri Private Present Tribute To Barli Asmara menjadi penutup acara dihari pertama Jakarta Fashion Week 2021. Ini adalah persembahan spesial untuk almarhum desainer Barli Asmara yang disiarkan melalui livestream di microsite JFW.tv, semua kanal media sosial JFW, dan platform digital milik para partner.

Pertunjukan persembahan untuk mendiang Barli Asmara sangat istimewa karea kehadirannya membangkitkan kembali memori lama. Sehingga, membuat para penonton rindu dengan sosok sang desainer meski ditonton secara virtual. 

Sebelum acara fashion dimulai, pertunjukkan dibuka dengan menampilkan video tentang kesibukan desainer yang meninggal pada 27 Agustus 2020 di ruang kerjaannya. Mulai dari memperhatikan detail kain, menggambar sketsa, tertawa, berbincang dengan pekerja, hingga memberikan tanda tangan pada sketsa tersebut. 

Para model berlengak-lengok berjalan dipanggung dengan iringan cahaya lampu. Sebagai pembukaan, para model maju dengan one shoulder dress warna kuning gading. Mendiang Barli Asmara menerapkan teknik smock yang terbilang rumit. Koleksi yang dikeluarkan pada 2008 ini menghasilkan tampilan edgy.

Tribute To Barli Asmara (Foto: JWF.TV)

Selanjutnya, fashion show menghadirkan macrame menghasilkan bolero lengan balon. Midi dress menambahkan bolero warna sampanye yang terlihat elegan dan mewah. Yang paling menjadi perhatian adalah perpaduan busana dengan wajah mengenakan masker full face. 

Tribute To Barli Asmara (Foto: JWF.TV)

Tak selalu bernuansa duka, perhelatan fashion show Tribute to Barli Asmara juga diiringi Tarian dan kostum meriah yang dibawakan terinspirasi dari America Latin, seperti rumba dari Cuba, Samba dari Brazil, Arunguita dari Argentina. Untuk menonjolkan keindahan dan kebebasan bergerak, busana menambahkan aksen brokat, chiffon, tulle, dan katun.

Tribute To Barli Asmara (Foto: JWF.TV)

Digambarkan tarian dan kostum Amerika Latin menggambarkan kemeriahan dengan eksplorasi warna dan motif bunga pada koleksi busana tersebut. Ciri khas dari koleksi busana yang menjadi detail utama terdapat ruffle, tangan gembung, dan rok tiered. 

Diakhir perhelatan fashion show, pertunjukan ditutup dengan suara Barli Asmara, "Halo, saya Barli Asmara. Saya fashion desainer Indonesia". Sebagai penutup, Tribute to Barli Asmara terdapat sebuah quotes dari sang mendiang Barli Asmara yang berbunyi "Inspirasi saya itu semuanya berasal dari cinta. Tanpa cinta saya tidak bisa terinspirasi dan semangat, in memoriam Barli Asmara (1978-2020)".

Pertunjukan persembahan untuk mendiang Barli Asmara sukses membuat kita semua rindu dengan sosok desainer kondang tersebut. Kehadirannya fashion show Tribute to Barli Asmara ini menjadi obat rindu kita semua untuk menikmati hasil karya-karya dari mendiang Barli Asmara.

Tag: barli asmara Jakarta Fashion Week Jakarta Fashion Week 2021

Bagikan: