Bintangi Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti, Clara Bernadeth Susah Payah Belajar Tari dan Bahasa Jawa

| 31 Oct 2022 14:53
Bintangi Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti, Clara Bernadeth Susah Payah Belajar Tari dan Bahasa Jawa
Clara Bernadeth (Era.ID/Yesica Sitinjak)

ERA.id - Demi memerankan karakter Yasmin di film Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti, Clara Bernadeth harus latihan menari dan bahasa Jawa. Ia harus mengikuti latihan tarian Jawa, Gambyong, untuk menjadi Yasmin.

"Waktu itu ada workshop untuk latihan tariannya, sempat manggil ada pelatihnya buat tarian Gambyong. Itu kurang lebih dua minggu ya, dan aku harus latihan bahasa Jawa juga," ujar Clara Bernadeth, saat ditemui di kawasan, Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (30/10/2022).

Meski demikian, Clara mengaku tidak terlalu kesulitan saat harus menari Gambyong. Ini lantaran dirinya sudah memiliki kemampuan dasar untuk menari tradisional.

"Sebetulnya untungnya aku punya basic tari tradisional. Jadi agak menggampangkan aku untuk menghapal tari tradisional, walaupun tarian Gambyong ini baru pertama kali aku pelajari ya," tuturnya.

Aktris berusia 28 tahun itu mengaku lebih sulit mempelajari dialek bahasa Jawa. Ia mengaku cukup pusing untuk mempelajarinya, karena sudah jarang menggunakannya di kehidupan sehari-hari.  

Aku lebih kesulitan untuk dialek bahasa Jawa-nya dibanding tariannya," ungkapnya.

"Luar biasa sih (susah dialek Jawa). Aku lumayan pusing banget buat dialeknya sendiri, bahasanya sendiri. Aku memang Jawa Tengah, tapi di rumah nggak pernah pakai lagi. Latihan bahasa Jawa itu lumayan tantangan banget buat aku," pungkas Clara Bernadeth.

Sementara itu, dalam film Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti, Clara Bernadeth beradu peran dengan Indro Warkop dan Donny Damara. Film ini rencananya akan tayang di bioskop pada 24 November 2022 mendatang.

Rekomendasi