Resmi Tayang, Fakta Menarik Jailangkung: Sandekala Adaptasi Mitos Jawa Barat

| 20 Jan 2023 17:30
Resmi Tayang, Fakta Menarik Jailangkung: Sandekala Adaptasi Mitos Jawa Barat
Jailangkung: Sendakala (Dok: Disney+ Hotstar)

ERA.id - Film horor Jailangkung: Sandekala resmi tayang di Disney+ Hotstar mulai 20 Januari 2023. Film yang diadaptasi dari kisah mitos asal Jawa Barat ini disutradarai oleh Kimo Stamboel.

Bercerita mengenai keluarga yang beranggotakan Adrian, Sandra, Niki, dan Kinan, yang sedang berlibur ke kawasan pegunungan untuk mempererat keharmonisan antara anak dan orang tua. Namun mereka dihadapkan dengan malapetaka yang datang.

Singkat cerita, Kinan yang merupakan anak bungsu di keluarga tersebut, bermain sendiri di area danau saat menjelang Magrib dan tiba-tiba menghilang. Berdasarkan mitos dari masyarakat setempat, ternyata setiap menjelang waktu Magrib, akan ada makhluk halus yang meneror dan menakuti anak kecil yang masih berkeliaran di waktu tersebut.

Berikut ini fakta menarik Jailangkung: Sendakala yang wajib kamu ketahui.

1. Mengadaptasi cerita mitos Sendakala asal Jawa Barat

Film Jailangkung: Sandekala kali ini merupakan versi reboot dari film Jailangkung dan Jailangkung 2. Jailangkung: Sandekala mengangkat cerita yang berbeda tentang mitos masyarakat Jawa Barat, bernama Sandekala yakni mitos makhluk halus yang akan meneror dan mengganggu anak kecil yang keluar menjelang Magrib.

2. Film horor yang mengangkat nilai keluarga

Jailangkung: Sendakala (Dok: Disney+ Hotstar)
Jailangkung: Sendakala (Dok: Disney+ Hotstar)

Selain menyajikan horor yang mencekam, Jailangkung: Sandekala ini juga menyajikan kisah yang berbeda yakni dengan mengangkat nilai keluarga.

Mengisahkan tentang Sandra yang ingin memperbaiki hubungan antara dirinya dengan anaknya yang memasuki usia remaja. Akan tetapi, tujuan tersebut harus dicapai dengan berbagai pengorbanan yang dilakukan oleh keluarga, mulai dari menghadapi teror dan terjebak di kawasan pegunungan yang jauh dari pemukiman warga.

3. Film pertama Kimo Stamboel yang memiliki rating 13+

Mayoritas film yang disutradarai oleh Kimo Stamboel memiliki rating 18+. Akan tetapi film Jailangkung: Sandekala ini menjadi film pertama Kimo yang memiliki rating 13+ yang artinya adalah film ini bisa dinikmati oleh keluarga.

Kimo Stamboel mengatakan, "Sejatinya film horor harus bisa dinikmati lebih luas lagi, terutama untuk Jailangkung: Sandekala ini. Jadi harus dilihat bagaimana caranya  film ini bisa dinikmati oleh jangkauan umur yang lebih luas, seperti keluarga yang membawa anak-anaknya yang 13 tahun ke atas supaya bisa menonton film ini juga,".

4. Hadirkan sutradara, pemain, dan kisah yang fresh

Jailangkung: Sendakala (Dok: Disney+ Hotstar)
Jailangkung: Sendakala (Dok: Disney+ Hotstar)

Jailangkung: Sandekala melibatkan sutradara Kimo Stamboel untuk pertama kalinya, setelah sebelumnya bekerja sama dengan sutradara yang berbeda di film-film Jailangkung 1 maupun Jailangkung 2.

Film ini dibintangi oleh Titi Kamal, Dwi Sasono, Syifa Hadju, Muzakki Ramdhan, Giulio Parengkuan, Taskya Namya, dan Deva Mahenra, serta menghadirkan versi terbaru dari kisah horor dan menonjolkan nilai keluarga sebagai inti cerita.

Film Jailangkung: Sendakala bisa disaksikan lewat layanan streaming Disney+ Hotstar dengan biaya Rp39.000/bulan atau Rp199.000/tahun. Film ini sudah bisa disaksikan mulai 20 Januari 2023.

Rekomendasi