Dibintangi Carissa Perusset hingga Pangeran Lantang, Film Suanggi Angkat Kisah Mistis di Papua

| 26 May 2024 16:30
Dibintangi Carissa Perusset hingga Pangeran Lantang, Film Suanggi Angkat Kisah Mistis di Papua
Suanggi: Ilmu Terkutuk (Era.id/Yesica)

ERA.id - Film bergenre horor kini sedang menjadi tren di Indonesia. Namun, kali ini hadir film genre horor unik yang mengangkat kisah mistis dari Papua. 

Film tersebut berjudul Suanggi: Ilmu Terkutuk. Sang produser, Bona mengatakan bahwa dalam membuat film ini mereka ingin menunjukkan keanekaragaman yang ada di Indonesia Timur.

“Ada keanekaragaman genre horor di Indonesia. Kami mau menunjukkan identitas Indonesia dengan keberagaman sukunya lewat Suanggi,” kata Bona saat konferensi pers di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, pada Sabtu (25/5/2024). 

“Kami pengin film horor selama ini nggak terpusat sama budaya Jawa. Kami mau mengekspos budaya Timur juga,” tambahnya. 

Film Suanggi: Ilmu Terkutuk mendapuk Carissa Perusset dan Pangeran Lantang sebagai pemeran utama. Carissa sendiri mengatakan bahwa ia menerima tawaran bermain di film ini karena memiliki cerita yang berbeda baginya.

“Aku belum pernah bermain dalam film yang mengangkat tentang Papua dan horornya berbeda dengan film yang lain,” kata Carissa Perusset. 

Sementara itu, Pangeran Lantang mengatakan bahwa untuk syuting film ini ia harus belajar dialek masyarakat Papua. Namun, ia bisa melakukannya dengan baik berkat bantuan pemain lainnya yang memang orang asli Papua.

“Dialek dan bahasa juga sulit sekali, dari awal memang agak kesulitan. Tapi karena dibantu cast yang berasal dari Papua jadi terus belajar sih,” pungkas Pangeran Lantang.

Sebagai gambaran, film Suanggi: Ilmu Terkutuk bercerita tentang keluarga, yang mana laki-laki mempelajari Suanggi, ilmu hitam. Ia pergi dari Papua selama 13 tahun, kemudian kembali yang membuat ilmu hitam tersebut mengancam keluarganya.

Film ini akan mulai syuting pada 27 Mei nanti dengan salah satu lokasinya di Sorong, Papua. Jika tidak ada kendala, film ini akan tayang di bioskop pada Desember 2024.

Rekomendasi