Facebook dan Instagram Sajikan Tayangan Animasi untuk Menyeleksi Berita Hoax

Tim Editor

Si Nopal (Foto: Instagram/@si_nopal)

ERA.id - Sejak adanya kasus globalisasi menyangkut COVID-19, banyak sekali informasi bohong atau hoaks yang semakin meluas. Maka dari itu, Facebook dan Instagram merilis sebuah kampanye edukasi publik #nyamandiSosmed.

Selain itu, Facebook dan Instagram berkolaborasi dengan komikus muda Indonesia, Naufal Faridurrazak yang dikenal melalui karyanya, Si Nopal. Tujuan dari kampanye adalah mengajak warga digital untuk memahami lebih dalam tentang informasi-informasi yang benar dan membuatmu tetap aman serta nyaman.

"Ini dirancang untuk membangun komunitas dan interaksi yang bermakna, serta membuat dunia menjadi lebih dekat. Platform kami membantu orang untuk terhubung dengan teman dan keluarga, menemukan perhelatan lokal, dan komunitas yang sesuai dengan minat mereka," ujar Karissa Sjawaldy, Public Policy untuk Facebook Indonesia.  

Selain serial animasi, kampanye ini juga akan hadir dalam bentuk podcast di kanal #NyamandiSosmed di Box2Box ID yang ditayangkan setiap hari Jumat. Nantinya, Si Nopal akan rilis 4 episode yang diunggah untuk bulan ini. Tak sendirian, Si Nopal tampil bersama Cuty, Abah Enol, dan Bunda.

Karissa Sjawaldy juga memberikan alasan mengapa Facebook dan Instagram Indonesia memilih Si Nopal untuk diajak kolaborasi. Menurutnya, konten dari Si Nopal sangat menghibur dan sangat cocok bagi anak muda saat ini.

"Kami menyampaikan orang-orang supaya aman dan nyaman di sosmed. Kenapa cara yang lucu? kami melihat banyak di rumah dan saat ini banyak konten seperti ini. Kami memilih Si Nopal karena lucu dan merasa dekat dengan kita terutama anak muda. Karya-karya ini kita eksplor dalam bentuk podcast atau video," ungkap Karissa melalui konferensi pers via Zoom pada Rabu (12/8/2020).

Anima Si Nopal mengulas tips dan trik agar mengetahui mana berita palsu dan benar. Selain itu, Si Nopal juga akan memberikan cara agar akun media sosial kita aman dan terhindar dari hacking atau penipuan.

"Fitur-fitur makin aman pertama kami gunakan sandi rumit. Yang mana menggunakan kombinasikan huruf dan angka konten (Si Nopal) cuma aku yang tahu. Ini juga cara aman di sosmed. Aku juga aktif di sosmed dan aku ingin ikut serta mengedukasi orang-orang nyaman di Facebook dan Instagram," ungkap Naufal Faridurrazak.

Selain itu, Facebook dan Instagram juga akan bekerjasama dengan Nur Alif Ramadhan, kreator muda di balik akun animasi Dalang Pelo. Dua karakter utama akun Dalang Pelo, Acil dan Leri, akan membagikan tips dan trik mengenali akun bisnis penipu di Instagram dan Facebook melalui video animasi yang interaktif.

 

Tag: facebook kartun

Bagikan: