Lagi Hits di TikTok, Simak Dulu Sinopsis Film The Danish Girl

| 15 Aug 2020 09:50
Lagi Hits di TikTok, Simak Dulu Sinopsis Film The Danish Girl
The Danish Girl (Foto: Amazon)

ERA.id - Aplikasi TikTok kini sedang menjadi tren di kalangan masyarakat dunia. Tak hanya challenge, saat ini ada sebuah film yang sedang viral di TikTok. Film The Danish Girl menjadi hits saat ini.

Hal ini dikarenakan pengguna TikTok banyak yang membuat rangkuman mengenai cerita film tersebut. Film The Danish Girl ditayangkan secara perdana pada tahun 2015. Namun, saat ini film yang disutradarai oleh Tom Hooper menjadi sorotan lagi.

Naskah film ini ditulis oleh Lucinda Coxon berdasarkan novel fiksi The Danish Girl karya David Ebershoff dan kisah nyata dengan latar belakang kehidupan pernikahan seniman asal Denmark pada 1920-an.

Pasangan ini pertama kali bertemu saat Gerda Wegener (Alicia Vikander) menjadi salah satu murid Einar Wegener (Eddie Redmayne) di Royal Academy. 

Saat itu, Einar sudah menjadi pelukis pemandangan yang terkenal. Sementara Gerda masih kesulitan membesarkan namanya sebagai seniman. 

Kala itu, Gerda ingin melukis penyanyi opera terkenal, Anna Fonsmark. Sayangnya, model tersebut tak datang sesuai jadwal. Tentu Gerda panik dan meminta sang suami, Einar untuk menjadi modelnya.

Gerda menyuruh Einar memakai gaun. Saat mengenakan gaun, Einar merasa menjadi dirinya sendiri. Keisengan yang dilakukan sang istri rupanya memantik hal yang selama ini terpendam dalam diri Einar. 

Ia merasa dirinya adalah seorang wanita. Bahkan, Gerda menamai suaminya dengan nama kedua, Lili Elbe. Hal tersebut perlahan mengungkap identitas gender Einar yang sudah coba ditutupi selama ini.

Permasalahan berawal saat mereka hadir di acara para seniman. Saat di pesta Einar bercumbu dengan seorang homoseksual bernama Henrik (Ben Whishaw). Einar mencoba jujur dengan Gerda tentang identitas dirinya.

Awalnya berat bagi Gerda, lambat laun ia bisa menerima kondisi suaminya. Tetapi Einar mulai merasa terkekang untuk menjalani kehidupan sebagai Einar. Baginya, Lili lebih memberikan kenyamanan. 

Ia mulai mencari bantuan dari psikolog, namun tak ada hasilnya. Kondisi ini hampir membuatnya masuk ke rumah sakit jiwa dan ingin bunuh diri. Atas bantuan Hans (Matthias Schoenaerts), Gerda dan Einar bertemu dengan Dr. Kurt Warnekros (Sebastian Koch). 

Dr.Kurt memberikan solusi yaitu operasi kelamin dari pria menjadi wanita. Tapi, Kurt memperingatkan bahwa ini adalah operasi sangat berbahaya yang belum pernah dicoba sebelumnya.

Einar setuju dan menjadi orang pertama yang menjalani operasi tersebut. Untuk memulai operasi, Einar melakukan perjalanan ke Jerman yang ditemani oleh Gerda.

The Danish Girl diakhiri dengan Einar yang meninggal dunia karena komplikasi dari operasi tersebut. Diakhir hayatnya, Gerda tetap menemani Einar.

Rekomendasi