Rekomendasi Film Bertema Transgender yang Bisa Mengubah Cara Pandangmu

Tim Editor

Film Boys Don’t Cry (Dok. dvdexotica)

ERA.id - Isu transgender dan LGBTQ+ di Indonesia memang boleh dibilang tabu dan masih banyak perdebatan. Beragam stigma negatif otomatis melekat pada komunitas maupun individu yang kedapatan menjadi transgender. 

Namun bukan berarti kaum transgender ini tak bisa dijadikan ide bagi para sineas film. Berikut ini rekomendasi film bertema transfender yang bisa ubah cara pandang kamu versi Era.id.

1. The Danish Girl

Film bertema transgender pertama datang dari arahan Tom Hooper. Berkisah tentang Lili Elbe dan Gerda Wegener. Lili yang terlahir sebagai seorang bernama Einar Wegener ini menemukan jati dirinya yang baru setelah menikah dengan Gerda. 

Apalagi perasaan itu semakin kuat setiap harinya. Einar pun memutuskan untuk menjadi Lili dan mengubah kodratnya. Berbagai kesulitan dia alami, terlebih film ini mengambil latar tahun 1930. Di mana pada masa itu masih sangat minim alat operasi dan cara pandang seseorang. 

2. Boys Don’t Cry

Salah satu film yang diangkat dari kisah nyata ini boleh dibilang jadi salah satu favorit banyak pecinta film. Melalui Boys Don’t Cry, penonton akan banyak mendapat pelajaran dari apa yang terjadi di diri Teena Brandon. 

Teena terlahir sebagai seorang perempuan cantik, yang memutuskan untuk mengubah jati dirinya sebagai laki-laki. Dia bahkan menjalankan kehidupannya layaknya laki-laki sungguhan dan berpacaran dengan banyak wanita. 

Suatu hari Teena berpacaran dengab Lana, yang sialnya ketahuan oleh teman laki-lakinya. Sejak saat itu kehidupannya pun dipenuhi dengan pelecehan, kekerasan, hingga menewaskan dirinya. 

Melalui film ini Kimberly Pierce mengajarkan penonton tentang peduli dan memberi dukungan bagi kaum transgender. Apalagi yang perlu digarisbawahi dari kisah ini tentang setiap manusia berhak untuk hidup bahagia dan menjalankan kehidupan sesuai pilihannya. 

3. Laurence Anyways

Disutradarai oleh Xavier Dolan, Laurence Anyways ini punya kisah yang hampir mirip dengan film The Danish Girl. Bedanya kali ini tokoh utamanya sadar dirinya ingin mengubah jati dirinya dari kodrat aslinya. 

Laurence Alia seorang pria tampan ini memutuskan untuk menjadi transgender. Dia didukung oleh Fred, seorang wanita yang menyadari tindakan mereka tak banyak mendapat dukungan. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 

#laurenceanyways #movie

A post shared by M (@___951230m) on

Demi mencapai keinginannya Laurence bahkan berani tampil beda selama di tempatnya belajar, pakai heels hingga make up. Ya meskipun rambutnya tetap botak. 

Dari film ini penonton bakal diajak dan diaduk dengan berbagai emosi dari hal yang dialami oleh Laurence. 

4. Lovely Man

Buat yang satu ini datang dari sineas Indonesia, Teddy Soeriaatmadja yang membawa kisah Lovely Man sebagai salah satu film transgender jagoan asal Indonesia. 

Teddy mengangkat sisi gelap dari kejamnya kehidupan Ibukota, Jakarta, khususnya bagi para trasngender. Di mana seorang gadis bernama Cahaya mencari keberadaan ayahnya yang sejak kecil pergi meninggalkan dirinya. 

Cahaya yang merupakan anak pesantren ini tak menyangka jika pertemuannya lagi dengan sang ayah dengan kondisi yang luar biasa. Di mana ayahnya kini menjadi seorang transgender. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 

sebuah rasa tidak dapat berubah karena dipaksa... tapi rasa juga bisa berubah karena terbiasa... #lovelymanmovie ❤️ good indie flim Indonesia

A post shared by FoonFoono (@foon_foono) on

Bukan pergi, bukan lari, bukan juga menghindar. Cahaya justru belajar menerima kehadiran ayahnya dengan penampilan barunya. 

Lewat Lovely Man penonton bakal tahu cara menilai seseorang bukan hanya dari sampulnya saja, tetapi ada alasan besar yang membuat semua itu terjadi. 

Keempat film di atas semoga bisa mengubah cara pandangmu tentang transgender maupun LGBTQ+ dalam keputusannya. Mereka hanya ingin diakui keberadaannya tanpa meminta apapun. 

Tag: film

Bagikan: