Sinopsis Film 'Tilik' yang Viral di Media Sosial

Tim Editor

Film Tilik (Foto: YouTube/Ravacana Films)

Ini adalah spoiler content

ERA.id - Sosok Bu Tejo saat ini sedang ramai diperbincangkan di dunia maya. Bahkan, namanya masih menjadi trending topic Twitter. Bu Tejo mencuri perhatian berkat perannya di film Tilik.

Bu Tejo adalah pemeran utama dalam film pendek tersebut. Film berdurasi 32 menit ini berhasil menghibur warganet, termasuk sutradara ternama, Joko Anwar. 

Tilik merupakan film garapan ravacana Films bersama Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Film pendek tersebut sebenarnya telah diproduksi sejak 2018 silam. 

Tetapi, film Tilik baru diunggah ke YouTube dan tayang perdana pada Senin, 17 Agustus 2020, tepat perayaan HUT RI ke-75. Film ini disajikan dengan apik dan perbincangan menggunakan bahasa Jawa.

Film Tilik menceritakan perjalanan rombongan ibu-ibu yang pergi dengan menaiki truk untuk menjenguk Bu Lurah. Dari sekian banyak ibu-ibu, sosok Bu Tejo memang sangat menarik perhatian. Selama perjalanan, Bu Tejo yang banyak membuka tema perbincangan.

Bu Tejo menyebarkan gosip yang disambut oleh ibu-ibu lain didalam truk tersebut. Selama perjalanan, gerombolan ibu-ibu di dalam truk itu menggosipkan sosok Dian yang merupakan kembang desa. Kabarnya, Dian sedang menjalin hubungan dengan anaknya Bu Lurah, Fikri.

Banyak pria yang berusaha mendekati Dian untuk datang melamar. Ibu-ibu di dalam truk berdebat siapa yang nantinya bakal menikah dengan Dian. Bahkan, Bu Tejo juga curiga jika Dian sering menggoda pria yang sudah berkeluarga.

film tilik

Film Tilik (Foto: YouTube/Ravacana Films)

Meski begitu, tak semua penyampaian Bu Tejo diterima begitu saja. Salah satunya, Yu Ning yang memperingatkan tidak baik menelan informasi mentah-mentah tanpa mengetahui fakta sesungguhnya.

Walau sudah dapat peringatan, Bu Tejo tidak memperdulikan dan tetap gencar bergosip akan keburukannya Dian. Bahkan, Bu Tejo dan Yu Ning sempat bersitegang dan adu mulut sampai-sampai truk yang membawa mereka ditilang polisi lalu lintas.

Sampai di rumah sakit, mereka disambut oleh Dian dan Fikri, anak dari Bu Lurah. Namun, Bu Lurah belum bisa dijenguk karena masih dirawat di ICU. Sontak rombongan kecewa. Wajah Yu Ning meneteskan air mata dan menahan rasa malu. Sebab, dialah yang inisiatif mengajak ibu-ibu untuk menjenguk Bu Lurah.

Cerita diakhiri dengan plot twist. Dian keluar rumah sakit dan masuk dalam sebuah mobil. Dalam mobil sudah ada yang menunggu pria paruh baya. Dia adalah ayah Fikri sekaligus suami Bu Lurah. Rupanya, selama ini Dian adalah wanita simpanan dari suaminya Bu Lurah.

Hebatnya tak ada aktris dan aktor kenamaan dalam film Tilik. Para pemain film terlihat menjiwai saat berperan menjadi ibu-ibu bergosip. Sang sutradara Wahyu Agung Prasetyo, menggandeng sejumlah aktor lokal, seperti Diti Fauziah sebagai Bu Tejo, Brilliana Desy sebagai Yu Ning, Gotrek sebagai Gotrek, dan Stephanus Wahyu Gumilar sebagai polisi.

Tag: Sinopsis Film Tilik Bu Tejo

Bagikan: