Rekomendasi Film Bertema Pahlawan yang Patut Ditoton di Hari Pahlawan

| 10 Nov 2020 19:45
Rekomendasi Film Bertema Pahlawan yang Patut Ditoton di Hari Pahlawan
Film Kartini (Instagram)

ERA.id - Memperingati Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November, tak lengkap rasanya kalau generasi penerus bangsa melupakan jasa-jasa pahlawannya begitu saja. Sejumlah sineas film pun punya caranya sendiri untuk kembali membangkitkan rasa nasionalis bagi generasi penerus lewat film bertema pahlawan. 

Melalui film bertema pahlawan, kisah dan potongan sejarah itu bisa dimengerti dengan mudah oleh para penerus bangsa. Bahkan tak sedikit kisah perjuangan para pahlawan menjadi sumber inspirasi. 

Berikut ini rekomendasi film bertema pahlawan yang bisa menjadi sumber inspirasi.

1. Soekarno: Indonesia Merdeka

Sutradara Hanung Bramantyo membuat karya tentang perjuangan Presiden pertama Indonesia, Soekarno dan juga Bung Hatta lewat film Soekarno: Indonesia Merdeka. 

Dibintangi Ario Bayu sebagai Soekarno, dan Lukman Sardi sebagai Bung Hatta, film ini mengemas perjuangan dan masa awal Soekarno memperjuangkan kemerdekaan RI. 

Soekarno: Indonesia Merdeka (Dok. Wikipedia)

2. Kartini

Lagi-lagi Hanung Bramantyo yang turun tangan dan tertarik menggarap film bertema pahlawan Indonesia. Kali ini Hanung mengangkat kisah R. A Kartini lewat film Kartini yang dibintangi Dian Sastrowardoyo. 

Sesuai dengan kisah Kartini, Hanung menuangkan perjuangan emansipasi wanita lewat aksinya dalam mendirikan sekolah dan lapangan pekerjaan untuk masyarakat di Jepara. 

3. Guru Bangsa: Tjokroaminoto

Selain kisah Kartini yang memperjuangkan emansipasi wanita, kisah HOS Tjokroaminoto yang ingin menyamaratakan hak dan martabat masyarakat Indonesia. 

Guru Bangsa: Tjokroaminoto (Dok. Wikipedia)

Disutradarai oleh Garin Nugroho, film ini dibintangi oleh sejumlah aktor ternama seperti Reza Rahadian, Christine Hakim, Ade Firman Hakim, Didi Petet, dan juga Maia Estianty. 

4. Jendral Soedirman

Kisah hiroik dari Jendral Soedirman dalam memimpin perang juga tertuang dalam sebuah film garapan Vivi Westi. Dibintangi Adipati Dolken, film Jendral Soedirman juga dimeriahkan oleh beragam tokoh pahlawan nasional lainnya mulai dari Tan Malaka, Soekarno, Mohammad Hatta, Tjokropranolo, dan masih banyak lagi. 

5. Sang Kiai

Kisah perjuangan KH. Hasyim Asyari yang jadi salah satu kunci kemerdakaan Indonesia. Di tangan Rako Prijanto,  KH. Hasyim Asyari dikemas dengan cara unik dan menarik. 

Sang Kiai (Dok. Wikipedia)

Film Sang Kiai ini juga mengangkat tema agama yang diperjuangkan oleh KH. Hasyim Asyari. Di film ini Roko mengajak Agus Kuncoro, Adipati Dolken, dan lainnya. 

Rekomendasi