6 Film Keluarga yang Cocok Ditonton Saat Lebaran, Bikin Mewek dan Penuh Haru

| 18 Apr 2023 20:05
6 Film Keluarga yang Cocok Ditonton Saat Lebaran, Bikin Mewek dan Penuh Haru
Poster film Ngeri-Ngeri Sedap (Instagram/@ngeringerisedapmovie)

ERA.id - Lebaran Idul Fitri menjadi momen yang tepat untuk kumpul bersama keluarga. Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan untuk merajut keakraban dengan anggota keluarga yang biasanya harus terpisah jarak. Salah satunya dengan menonton film bersama keluarga. Ada beberapa film keluarga yang cocok ditonton saat lebaran. 

Menonton film bersama keluarga saat lebaran dapat menambah kehangatan atau keharmonisan keluarga. Sebaiknya Anda memilih film yang bertemakan keluarga sehingga membangkikan rasa bahagian sekaligus haru. Lantas apa saja film yang cocok ditonton bersama keluarga saat lebaran Idul Fitri?

Film Keluarga yang Cocok Ditonton saat Lebaran

Ada banyak pilihan film bertema keluarga karya anak bangsa atau dari dalam negeri yang tak kalah menarik dari film luar. Berikut ini film keluarga yang cocok ditonton saat lebaran dengan cerita yang menyentuh dan bermakna mendalam. 

Keluarga Cemara (2019)

Poster film Keluarga Cemara (Instagram/@filmkeluargacemara)

Salah satu film Indonesia bertema keluarga yang paling populer adalah Keluarga Cemara. Saking terkenalnya bahkan istilah ‘keluarga cemara’ sering dijadikan acuan keluarga yang harmonis dan idaman. 

Film Keluarga Cemara mengisahkan keluarga yang harus pindah dari kota ke desa. Abah dalam film ini diceritakan sebagai kepala keluarga yang kehilangan banyak uang akibat ditipu. Keluarga ini harus beradaptasi dengan lingkungan baru dan menerima kenyataan bahwa pindah rumah tidaklah mudah. Film ini mengandung banyak pelajaran yang bisa dipetik mengenai keluarga. 

Emak Ingin Naik Haji (2009)

Film bertema keluarga berikutnya yang cocok ditonton saat lebaran adalah Emak Ingin Naik Haji. Film ini diangkat dari sebuah cerpen karya Asma Nadia.Film ini mengisahkan sosok Emak yang punya keinginan berangkat ke tanah suci Mekkah untuk ibadah haji. 

Sayangnya Emak tidak bisa mewujudkan keinginannya naik haji karena terkendala biaya. Sehari-hari Emak hanya mendapat uang dari hasil jualan kue. Selain itu, Emak juga mendapat sedikit tambahan uang dari Zein, anaknya yang duda dan bekerja sebagai penjual lukisan keliling. Film ini menyajikan suasana yang menyentuh mengenai hubungan antara anak dan orang tua. 

Sabtu Bersama Bapak (2016)

Film Sabtu bersama bapak bercerita tentang seorang ayah yang bertekad kuat untuk selalu mendampingi anak-anaknya. Sayangnya ayah tersebut menderita penyakit kanker. Sang ayah hanya bisa mengabadikan rekaman dirinya dalam bentuk video untuk diberikan kepada anak-anaknya. 

Film Sabtu Bersama Bapak diangkat dari novel karya Adhitya Mulya. Film ini menyuguhkan kisah perjuangan dan sikap sayang seorang ayah kepada anaknya. Saat menonton film ini bersama keluarga, jangan lupa menyiapkan tisu untuk menghapus air mata. 

Ngeri-Ngeri Sedap (2022)

Rekomendasi film bertema keluarga selanjutnya adalah Ngeri-Ngeri Sedap. Film garapan dari komika Bene Dion ini bercerita tentang sepasang suami istri tua Pak Domu dan Mak Domu yang ditinggal anaknya merantau. Pasangan berusia senja tersebut rindu akan kepulangan para anak-anaknya. 

Untuk membuat anak-anaknya pulang kampung, Pak Domu sampai berpura-pura bertengkar hebat dan ingin cerai dengan Mak Domu. Film yang menceritakan hubungan keluarga antara orang tua dan anak merantau ini sangat related dengan momen lebaran. Meski ceritanya bakal membuat sedih dan terharu, namun film ini juga banyak menyajikan humor sehingga akan membuat Anda dan keluarga tertawa. 

Mencari Hilal (2015)

Film bertema keluarga selanjutnya yang cocok ditonton saat lebaran adalah Mencari Hilal. Film ini berkisah tentang seorang pemuda bernama Mahmud yang memiliki perbedaan pendapat dengan orang tuanya mengenai kegiatan mencari hilal. 

Film Mencari Hilal ini menyajikan hubungan cinta dan benci antara seorang ayah dengan anak laki-lakinya. Film ini akan mengajak penonton mengikuti perjalan ayah dan anak mencari hilal meskipun keduanya berbeda pandangan. 

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2020)

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) menjadi film bertema keluarga yang populer dalam beberapa waktu belakangan. Film ini cocok ditonton bersama keluarga saat lebaran. NKCTHI mengisahkan 3 saudara dalam keluarga, yaitu anak sulung, anak tengah, dan anak bungsu. 

Film NKCTHI menyuguhkan cerita flashback tentang kehidupan keluarga yang bahagia, Namun di balik itu mereka mengalami trauma besar saat anak bungsu mengalami kecelakaan. Film ini memberikan banyak pelajaran tentang bagaimana sebuah keluarga menghadapi kehidupan. 

Demikianlah rekomendasi film keluarga yang cocok ditonton saat lebaran. Anda bisa memilih beberapa film Indonesia bertema keluarga di atas untuk kegiatan menonton bersama keluarga. Jangan lupa menyiapkan tisu karena dijamin Anda dan keluarga tidak bisa menahan air mata. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi