5 Rekomendasi Film Bertema Perusahaan Rintisan, Mirip Drakor StartUp

Tim Editor

Drama Korea Start-Up (Foto: Instagram/@startuptvnofficial)

ERA.id - Drama StartUp baru saja menyelesaikan episode terakhirnya pada Minggu (6/12/2020) malam. Drama yang mengangkat tema usaha rintisan ini pun sukses menginspirasi banyak orang sekaligus kesal karena jalan cerita yang ditawarkan.

StartUp berkisah tentang Sol Dal Mi (Bae Suzy), seorang gadis yang terobsesi membuat perusahaan rintisan demi meneruskan mimpi almarhum Ayahnya. Di sisi lain ia ditemani dengan Nam Do San (Nam Joo Hyuk), seorang pemuda jenius di bidang matematika dan IT.

Kegigihan dan kejeniusan Nam Do San dan Sol Dal Mi ini membuat para penonton terinspirasi dalam membuat usaha rintisan atau StartUp. Namun jauh sebelum drama ini popular, sejumlah film dan drakor juga sudah mengusung tema perusahaan rintisan sebagai latar belakarng ceritanya.

Berikut ini rekomendasi film bertema usaha rintisan yang mirip dengan drakor StartUp:

1. The Intern

Film yang mengangkat tema usaha rintisan pertama ialah The Intern yang dibintangi Anne Hathaway dan Robert De Niro. Film ini fokus dengan karakter Ben Whittaker (Robert De Niro) yang merupakan pensiunan eksekutif DEX One.

The Intern (Instagram)

Bosan dengan masa pensiun dan kegiatannya, ia pun berniat untuk melamar pekerjaan sebagai program magma untuk lansia di sebuah startup fashion milik Jules Ostin (Anne Hathaway). Selama jadi anak magang lansia, Ben kerap kali berbagi pengalaman dan memberi nasihat untuk rekan-rekan kerjanya, termasuk Jules.

Saat itu Ben menemani Jules ketika ia ditekan oleh investor untuk melepas jabatan CEO-nya. Dari film ini, para calon pengusaha bisa belajar banyak hal tentang jatuh-bangun mendirikan usaha rintisan. Film ini juga tergolong sukses dengan meraup keuntunggan hingga 194,6 miliar dolar AS.

2. Memories of the Alhambra

Mirip dengan drakor StartUp, drama Memories of the Alhambra juga menggunakan teknologi AI dalam mengembangkan bisnisnya. Bedanya, drakor yang dibintangi Hyun Bin, Chanyeol EXO, dan Park Shin Hye ini mengangkat tema pengembangan gim dalam ceritanya.

Memories of the Alhambra (Instagram)

Berkisah tentang Yoo Jin Woo (Hyun Bin), seorang CEO perusahaan yang menyelesaikan misi untuk memecahkan sebuah gim augmented reality berlatar peperangan abad pertengahan di Alhambra. Gim yang menggunakan kecanggihan teknologi itu merupakan ciptaan Jung Se Joo (Chanyeol EXO).

Sayangnya Jin Woo kehilangan Se Joo dan bertemu dengan kakak perempuannya, Jung Hee Joo (Park Shin Hye). Ia pun terjebak dengan Hee Joo dan juga dunia gim yang kian membingungkan.

3. The Social Network

Awal mula berdirinya Facebook yang didirikan oleh Mark Zuckerberg di muat ke dalam film berjudul The Social Network. Film ini merupakan garapan sutradara David Fincher dan diperankan oleh Kesse Eisenberg.

The Social Network (Instagram)

Dari film ini bisa terlihat bagimana Mark merinitis usahanya dari nol sebelum berkembang menjadi media sosial terbesar di dunia. Lewat film ini juga kamu bisa melihat kegigihan Mark dan rekan-rekannya dalam menjalankan dan mengembangkan bisnisnya.

4. The Internship

Selain film tentang Facebook, film perusahaan besar dan ternama di dunia, Google juga masuk kategori rekomendasi film bertema perusahaan rintisan yang mirip dengan StartUp. Di mana dua karakter utamanya, yaitu Nick Campbell dan Bill McMahon melamar pekerjaan sebagai anak magang di Google.

The Internship (Instagram)

Padahal di lihat dari umurnya, mereka sudah tak lagi muda dan berbeda jauh dari rekan-rekan magang lainnya. Hal ini terpaksa mereka lakukan karena keduanya terpaksa kehilangan pekerjaannya.

Dalam menjalankan tugasnya sebagai anak magang, Nick dan Bill ditugaskan untuk mengembangkan aplikasi hingga mengenalkan produk Google ke perusahaan lokal di sekitar kantornya.

5. Search WWW

Kegigihan seorang pemimpin perusahaan ternama, Bae Ta Mi (Im Soo Jung) yang menjabat sebagai direktur perusahaan ini bisa menjadi contoh besar dalam membangun bisnis bagi para pemula. Ia sukses mengembangkan bisnis sekaligus membuat portal onlinenya banyak di askses dan menjadi situs nomor satu.

Search WWW (Instagram)

Namun kegigihan dan kesuksesannya membuat rekan satu timnya iri dan memfitnah dirinya. Dia adalah Song Ga Kyeong (Jeon Hye Jin) yang membuat Ta Mi dipecat dari perusahaannya. Di satu sisi Ta Mi justru mendapat tawaran kerja di Barro, saingan bisnis perusahaan lamanya, Unicorn.

Mampukah Ta Mi mengalahkan dan menuntaskan misinya dalam mengembangkan bisnisnya?

Tag: startup rekomendasi film drama StartUp film

Bagikan: