Rekomendasi Film Terbaik yang Dibintangi Tio Pakusadewo

Tim Editor

Tio Pakusadewo dalam film Surat dari Praha. (Foto: IMDB)

ERA.id - Tio Pakusadewo terkenal sebagai aktor kawakan yang pernah meraih piala citra berkat film-film yang ia bintangi. Kiprahnya sebagai aktor di mulai sejak tahun 1987. 

Sayangnya kesuksesan Tio sebagai aktor ternama tercoreng karena kasus penyalahgunaan narkoba. Ia dituntut hukuman 2 tahun penjara atas kepemilikan 18 gram ganja dan alat hisap sabu pada 14 April 2020. 

Terlepas dari kasus hukum yang kembali menjeratnya, nama Tio Pakusadewo pernah berjaya pada masanya di industri perfilman. 

Berikut ini rekomendasi film terbaik yang pernah diperankan oleh Tio Pakusadewo. 

Kata Maaf Terakhir

Sebuah film yang mengantarkan Tio masuk nominasi Indonesian Movie Awards 2010 untuk kategori Pasangan Terbaik dan Pasangan Terfavorit bersama Rachel Amanda. 

Film Kata Maaf Terakhir menceritakan tentang Darma (Tio Pakusadewo). Hidupnya hanya tersisa hitungan bulan dan berniat untuk taubat di sisa terakhirnya. 

Perjuanannya ini tambah berat usai ia dihadapkan dengan hubungan tak baik dengan anak perempuannya, Lara (Rachel Amanda). 

Surat Dari Praha

Film Surat Dari Praha boleh dibilang sebagai salah satu film terbaik yang pernah diperankan oleh Tio Pakusadewo. Dari film ini Tio membawa pulang piala Usmar Ismail Awards 2016 sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik. 

Dalam film ini Tio beradu akting dengan Widyawati yang digambarkan sebagai tunangannya. Jaya (Tio) yang berada di Praha terpaksa meneap di sana dan menjalin hubungan LDR dengan Sulastri (Widyawati). 

Kondisi hubungan mereka ini diperburuk dengan keadaan di Praha yang mengalami perubahan politik pasca Gerakan 30 September. 

Selain masuk penghargaan Usmar Ismail Awards, Tio juga masuk nominasi Festival Film Indonesia dan Indonesian Movie Actors Awards. Tapi sayang Tio gagal membawa pulang piala dari dua penghargaan tersebut. 

Alangkah Lucunya (Negeri Ini)

Bukan cuma berperan sebagai aktor utama, Tio juga pernah terlibat sebagai aktor pendukung untuk film Alangkah Lucunya (Negeri Ini)

Meski sebagai pemeran pendukung, Tio berhasil memenangkan penghargaan sebagai Aktor Pembantu Terbaik dari Indonesian Movie Awards 2011. 

Film ini juga tergolong menarik karena menampilkan kisah nyata kehidupan di Indonesia dari beberapa daerah. 

Identitas

Salah satu akting tergila yang pernah dilakoni oleh Tio adalah lewat film Identitas. Di film ini Tio berperan sebagai petugas pembersih mayat bernama Adam. 

Suatu hari Adam mendapati kenyataan mayat yang dibersihkannya adalah wanita yang ia cintai. Kecintaan Adam ke wanita itu pun membuatnya nekat berbohong ke rumah sakit. 

Adam mengatakan mayat itu sebagai istrinya dan ditentang oleh pihak rumah sakit. Bagaimanakah nasib dan aksi Adam terhadap mayat wanita yang dicintainya? 

Berbagi Suami

Bukan sekali Tio masuk ke dalam nominasi berbagai film. Bahkan saat ia rehat dari dunia film dan kembali melalui Berbagi Suami, Tio kembali dinominasikan sebagai Aktor Pembantu Terbaik untuk Festival Film Jakarta 2006 dan MTV Indonesia Movie Award 2006.

Lewat film Berbagi Suami, Tio berperan sebagai koki dan juga pemilik restoran bernama Koh Abun. 

Itu lah rekomendasi film terbaik yang dibintangi oleh Tio Pakusadewo. 

Tag: rekomendasi film Tio Pakusadewo film Tio Pakusadewo

Bagikan: