Jadi Ketua FFI 2021, Reza Rahadian Langsung Hadapi Tantangan Terbesa, Apa Saja?

| 16 Jul 2021 11:09
Jadi Ketua FFI 2021, Reza Rahadian Langsung Hadapi Tantangan Terbesa, Apa Saja?
FFI 2021, Festival Film Indonesia, Reza Rahadian

ERA.id - Pemain film My Stupid Boss, Reza Rahadian langsung dihadapkan dengan tantangan terbesar setelah menjabat sebagai ketua komite Festival Film Indonesia (FFI). Hal ini disampaikan oleh Reza saat konferensi pers FFI 2021, Kamis (15/7/2021).

Mengemban jabatan baru otomatis bakal memiliki tanggung jawab besar untuk kesuksesan acara, baik mulai dari perencanaan, persiapan, hingga pelaksanaan pada hari yang ditentukan.

Melihat runtutan hal itu, Reza menyoroti tantangan terbesar yang dihadapinya selama melaksanakan tugas barunya mulai tahun ini.

"Kalau berbicara tentang tantangan, situasi pandemi saat ini menjadi tantangan yang paling besar," kata Reza Rahadian dalam konferensi pers virtual FFI, Kamis (15/7/2021).

Reza Rahadian (Dok: FFI 2021)
Reza Rahadian (Dok: FFI 2021)

Selain itu, kehadiran film Indonesia di tengah pandemi juga menjadi poin penting dan menjadi fokus utama dari Reza Rahadian dan juga tim penjurian.

Apalagi selama pandemi seluruh bioskop Indonesia berhenti beroperasi yang menimbulkan berbagai dilema di insan perfilman. Mau tak mau film yang sudah diproduksi pun harus tayang melalui platform streaming film. Hal itu juga menjadi tantangan tersendiri bagi Reza dan timnya.

"Film-film Indonesia yang tayang di digital platform sejauh ini tentu memiliki tanangan tersendiri di antara lain adalah bagaimana kemudian film Indonesia bisa 'menjemput' penontonnya, memastikan bahwa karya-karya sineas film Indonesia bisa tetap dinikmati," paparnya.

Tahun ini menjadi yang kedua kalinya Festival Film Indonesia digelar di tengah pandemi dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Namun Reza Rahadian akan memastikan ia dan jajaran tim baru bentukannya bisa bekerja sama untuk menyukseskan acara.

Begitu juga dengan harapan Reza yang menginginkan adanya perbaikan kualitas dalam sistem Festival Film Indonesia.

"Saya berharap melalui kerja tim yang sudah sangat luar biasa ini, kita bisa terus mengevaluasi, memonitor, serta memperbaiki bagaimana sistem-sistem yang ada di Festival Film Indonesia, memperbaiki seluruh ornamen terkait untuk melahirkan sebuah sistem yang dianggap terbaik oleh seluruh ekosistem perfilman Indonesia," tutupnya.

Festival Film Indonesia 2021 mengusung tema Sejarah Film dan Media Baru, dengan subtema Beralih Masa Bertukar Rasa Film Indonesia. Pendaftaran film akan dibuka mulai tanggal 15 Juli hingga 30 Agustus 2021.

Sedangkan untuk Seleksi dan penjurian akan berlangsung mulai tanggal 30 Agustus sampai 25 Oktober 2021. Malam nominasi rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2021, sedangkan malam penghargaan pada tanggal 10 November 2021.

Rekomendasi