Film Detak Versi Director's Cut Siap Tayang, Simak Perbedaannya!

| 15 Sep 2021 15:30
Film Detak Versi Director's Cut Siap Tayang, Simak Perbedaannya!
Film Detak versi director's cut (Dok: Istimewa)

ERA.id - Film Detak yang merupakan versi Director's cut dari Tarian Lengger Maut siap ditayangkan secara terbatas. Film yang disebut akan menjadi versi lengkap itu bisa disaksikan mulai 17 September hingga 3 Oktober 2021.

Sutradara film Detak, Yongki Ongestu, memutuskan untuk merilis versi Director's cut yang bisa disaksikan oleh para penonton. Versi kali ini menurut Yongki memiliki perbedaan yang cukup signifikan, terutama karakter dari para pemain.

"Dalam versi ini adegan lebih detail dan proses pengenalan dan pendalaman karakter lebih panjang, kita juga menggunakan treatment yang berbeda," kata Yongki Ongestu saat virtual media gathering, Selasa (14/9/2021).

Lalu, kata Yongki, treatment khusus yang dia lakukan untuk film Detak ini meliputi berbagai hal seperti previsualization. Yongki mengatakan bahwa dalam treatment ini dia sudah lebih dulu menggambar animasi sepanjang durasi film yang akan dibuatnya.

Penggambaran animasi ini mencakup pada penempatan blocking hingga penempatan kamera yang dapat memudahkan proses produksi ketika mulai menggarap film.

"Jadi di sana ada blocking segala macam, gerakan kamera. Jadi ketika kita reading di kasih ke semua pamain mereka udah ada bayangan minimal, 'oh syutingnya gini'. Ketika syuting produksi mulai, itu mempercepat prosesnya," jelas Yongki.

film detak (dok: istimewa)
film detak (dok: istimewa)

Selain itu, treatment lainnya yang tidak kalah penting adalah physichology of director, dan juga physicology of colour. Yongki menuangkan seluruh kemampuannya dalam penggambaran visual menurut versi terbaik dari dirinya.

Bahkan kata Yongki, salah satu perbedaan besar yang nantinya bisa ditemukan di dalam film Detak versi Director's cut ini ialah pewarnaan karakter dan juga efek suara.

Yongki juga mengatakan salah satu alasan terbesarnya merilis versi Director's cut ini lantaran film Detak sudah dibawa ke ranah festival kelas internasional. Dia pun ingin penonton tanah air juga bisa menyaksikan versi yang berbeda dari film garapannya.

"Sebenarnya lasannya karena versi ini yang sebenernya kita keliling ke festival film luar negeri, jadi kita pengen penonton di tanah air juga menikmati versi yang ini," tegasnya.

Film Detak sendiri berkisah tentang warga desa yang mendadak hilang satu per satu bersamaan dengan kedatangan seorang dokter muda bernama Jati (Refal Hady). Di sisi lain, Sukma (Della Dartyan) merupakan seorang penari Lengger yang dipercaya bisa membawa anugerah dan menjauhkan malapetaka bagi penduduk desa.

Versi Director's cut bisa disaksikan secara terbatas mulai 17 September hingga 3 Oktober 2021 melalui Bioskop Online. Untuk menyaksikan film ini, penonton bisa membeli tiket seharga Rp25.000.

Rekomendasi