Review Film Oldboy, Kisah Balas Dendam yang Penuh Pelajaran Hidup

| 04 Nov 2021 11:25
Review Film Oldboy, Kisah Balas Dendam yang Penuh Pelajaran Hidup
Film Oldboy (Foto: dok. Show East Corp)

ERA.idOldboy merupakan film thriller Korea Selatan yang dirilis pada tahun 2003 lalu. Film ini akan kembali ditayangkan di bioskop setelah diretorasi ke dalam format 4K.

Dengan meningkatkan format visualnya, film ini tentunya menyajikan gambar yang lebih memanjakan penonton. Sebelum menyaksikannya di bioskop nanti, yuk simak dahulu review film Oldboy berikut ini.

1. Sinopsis

Film ini bercerita tentang Oh Dae Su (Choi Min Sik) seorang pegawai kantoran yang tiba-tiba diculik dan dikurung selama 15 tahun. Sejak masuk pengurungan, hidup Oh Dae Su dipenuhi dengan tanda tanya dan rasa marah pada seseorang yang melakukan hal tersebut padanya.

Tak hanya itu, ia juga menjadi buronan karena dituduh membunuh istrinya. Setelah 15 tahun, Oh Dae Su dibebaskan dan mencoba membalaskan dendamnya. Dibantu seorang pelayan restoran sushi yang baru ia kenal Mi Do (Kang Hye Jeong), Oh Dae Su mencoba memecahkan misteri pengurungannya. Pencariannya membawanya kepada si penculik, yakni Lee Woo Jin (Yu Ji Tae).

2. Alur cerita

Film Oldboy (Foto: dok. Show East Corp)

Secara keseluruhan film ini menggambarkan aksi Oh Dae Su mencoba membalaskan dendamnya dan mencari tahu kesalahannya hingga orang lain mengurungnya selama 15 tahun. Dengan keseluruhan cerita diisi dengan aksi balas dendam, membuat penonton merasa mengikuti kehidupan Oh Dae Su dan Lee Woo Jin hingga terbawa emosi yang mereka pendam.

Film ini juga mampu menyajikan plot twist yang cukup mengejutkan dan membuat tak menyangka penonton, bahkan sekaligus miris akan keadaan Oh Dae Su. Namun, di satu sisi, plot twist yang menjadi akar segala konflik cerita dinilai sebenarnya terlalu sepele, tetapi bisa menimbulkan dampak yang begitu besar.

Film ini juga menampilkan banyak adegan aksi dan adegan mengejutkan lainnya yang mengerikan, yang mampu membuat penonton meringis. Pengangkatan isu akan hubungan terlarang antara saudara kandung juga menambah kesan dan keseruan film ini.

3. Penuh dengan pesan kehidupan

Spoiler alert, di samping konflik yang tercipta karena permasalahan sepele, nyatanya menciptakan pesan yang dalam bagi kehidupan. Seperti pribahasa "Karena nila setitik, rusak susu sebelanga", konflik film ini terjadi karena omongan singkat Oh Dae Su dan temannya menciptakan kekacauan bagi kehidupan orang lain dan menimbulkan dendam berkepanjangan.

Dengan itu, film ini seolah mengajarkan agar menjaga omongan dan tidak membicarakan akan urusan orang lain, terlebih jika tidak mengetahui kebenarannya.

Nah, itulah review untuk film Oldboy yang bisa menjadi referensi kamu untuk menontonnya. Jangan lupa saksikan film ini pada 5 November 2021 mendatang di bioskop.

Rekomendasi