Review Songbird: Perjuangan Cinta Dibalut Politik Pemerintah

Tim Editor

Review songbird (Dok: IMDb)

ERA.id - Pandemi Covid-19 yang menimpa seluruh dunia membuat banyak pekerja kreatif, khsusnya sineas ‘tidur’ sementara waktu. Di balik kesulitan tersebut, banyak sineas yang justru terinspirasi membuat karya salah satunya Adam Mason.

Adam Mason sosok dibalik terbuatnya film Songbird yang terinspirasi dari pandemi. Tetapi sejak awal dirilis di Hollywood, film ini kurang mendapat respon baik dari penonton.

Songbird mengambil latar tentang kondisi dunia yang ‘mati’ akibat adanya Covid-23 di tahun 2024. Virus ini bisa menular dan mematikan setiap individu yang terpapar hanya dalam 48 jam.


Berkisah tentang seorang pengantar paket bernama Nico (K.J Apa), yang harus tetap menjalankan tugasnya di situasi sulit pandemi. Kondisi itu kian mencekam kala pemerintah menerapkan lockdown dan melarang seluruh orang keluar dari rumah.

Namun Nico memiliki gelang imun berwarna kuning yang membuat dirinya tetap bisa menjalankan tugasnya. Dalam gelang itu berisikan identitas yang terintegrasi langsung dengan sistem pemerintah.

Dengan gelang imun itu, Nico diizinkan untuk mengantar paket, termasuk paket rahasia dari keluarga Willian (Bradley Whitford) dan Piper Griffin (Demi Moore). Di tengah pekerjaannya, Nico juga harus memperjuangkan cintanya dengan  Sara (Sofie Carson).

Alur cerita Songbird ini memang fokus dengan perjuangan Nico dan Sara yang hidup serba salah di masa sulit. Tetapi konflik di film ini terasa semakin menarik dengan adanya pertemuan antar karakter.

review songbird (Dok: IMDb)
review songbird (Dok: IMDb)


Salah satu pertemuan menarik terjadi ketika Nico berjumpa dengan Emmett Herland (Peter Stormare), pejabat pemerintah dari departemen kesehatan. Pertemuan itu menjadi tamparan keras bertapa bisnis di tengah pandemi terjadi dan menggila.

Banyak pesan yang ada di film Songbird ini bagi pemerintah maupun masyarakat. Di mana tubuh pemerintah dikuliti lewat Songbird dengan sindirannya. Begitu juga dengan sinidiran untuk masyarakat, yang wajib menjaga jarak di situasi pandemi.

review songbird (Dok: IMDb)
review songbird (Dok: IMDb)


Sementara itu perjuangan cinta antara Nico dan Sara banyak ditonjolkan dalam film ini. Tetapi yang sangat disayangkan penggambaran Zona-Q dan juga sanksi bagi para pelanggar aturan pemerintah.

Ketidak jelasan itu membuat film ini menjadi serba ‘nanggung’ dengan ceritanya dan juga sangat disayangkan. Belum lagi alur cerita yang mudah ditebak, menjadikan film ini kurang maksimal.

Meski demikian salah satu yang menarik dari Songbird ialah kisah pertemuan May (Alexandra Daddario) dengan Michael Dozer (Paul Walter Hauser). Romansa mereka bahkan lebih menarik ketimbang romansa dari Nico dan Sara.

Overall, film Songbird ini masih menarik untuk disaksikan namun jangan berekspektasi tinggi dengan film yang mengambil latar pandemi.

Tag: review songbird songbird K.J Apa

Bagikan: