Siap Tayang di Berlinale, Trailer Eksklusif Film Before, Now, & Then Resmi Dirilis

| 08 Feb 2022 21:36
Siap Tayang di Berlinale, Trailer Eksklusif Film Before, Now, & Then Resmi Dirilis
Film Before, Now, & Then (Instagram)

ERA.id - Film Indonesia selanjutnya yang berhasil bertengger di festival internasional adalah film Before, Now, & Then, yang mengikuti kompetisi di Berlin International Film Festival atau Berlinale 2022. Sebelum penayangan perdana di festival tersebut, trailer dari film tersebut akhirnya resmi dirilis, pada Senin (7/2/2022). 

Pada trailer yang dirilis menampilkan kehidupan Nana (Happy Salma) yang hidup tidak bisa lepas dari bayang-bayang masa lalunya. Nana hidup dalam kerapuhan meskipun menikah dengan seorang pria yang kaya raya.

Kemudian, Nana terlihat tiba di sebuah rumah penjagalan daging dan bertemu dengan perempuan muda bernama Ino (Laura Basuki). Nana menemukan kenyamanan dalam persahabatan dengan Ino, yang ternyata adalah perempuan simpanan suaminya.

Sejak bertemu dan nyaman satu sama lain, Nana dan Ino semakin dekat dan saling mendukung satu sama lain. Bersama-sama, keduanya mencoba menemukan harapan akan kebebasan baru dari dikte patriarki di era 1960-an.

Sementara itu, film Before, Now, & Then merupakan film berlatar akhir tahun 1960-an, berkisah tentang Nana yang tidak bisa lepas dari masa lalunya. Saat perang dan konflik pecah di Jawa Barat, Nana kehilangan suaminya serta keluarganya hingga membuatnya lari dari kampungnya.

Nana akhirnya menikah lagi dengan seorang pria kaya, namun bayangan masa lalunya masih kerap mengikuti. Hidupnya tidak bahagia, terlebih orang menganggapnya sebagai perempuan yang hanya menginginkan harta suaminya. Hinga akhirnya ia bertemu dengan Ino yang saling mendukung dan mencoba mencari kebebasan di era tersebut.

Film ini disutradarai oleh Kamila Andini, yang merupakan sutradara film Yuni. Film ini akan tayang perdana di Berlinale, yang akan digelar pada 10 sampai 20 Februari 2022.

Rekomendasi