Perankan Tunanetra di Sinar Untuk Genta, Ziva Magnolya Pakai Modal Pengalaman Nyanyi untuk Masuk ke Karakter

Ziva Magnolya (Era.ID/Yesica Sitinjak)

ERA.id - Ziva Magnolya mengaku kesulitan dalam memerankan karakter Sinar di film Sinar Untuk Genta. Ini lantaran Karakter sinar sendiri adalah seorang perempuan yang sangat menyukai musik, tetapi harus kehilangan penglihatannya karena sesuatu hal.

Saat berperan sebagai seorang tunanetra, Ziva sempat mengalami kesulitan memerankannya karena tidak tahu apa yang sebenarnya orang tunanetra rasakan dan yang mereka lihat.   

"Aku kesulitan banget sih memerankan orang yang buta. Karena kan sebenarnya aku nggak tahu ya, nggak tahu cara mendeskripsikan orang buta itu, apa sih yang mereka lihat gelapkan atau apa. Jadi ya kesulitannya gimana caranya bisa menggambarkan orang buta itu," ujar Ziva saat konferensi pers, pada Kamis (23/6/2022).


Untuk mendalami karakternya, Ziva banyak berdiskusi dengan sutradara dan dibantu oleh pelatih akting. Tak hanya itu, ia juga dibantu dengan seorang kru filmnya yang memiliki saudara tunanetra.

"Pertama aku tanya-tanya sama sutradara dan kebetulan ada akting coach juga. Ada kru yang juga punya saudara nggak bisa melihat gitu, yang dari kecelakaan. Itu memang aku banyak tanya tentang orang butanya, tetang apa sih yang mereka lihat gitu, ya memang semua hilang sih. Dari situ aku lumayan dapat ilmu juga, sama searching-searching juga sih," katanya.

Lebih lanjut, Ziva menyampaikan bahwa mendalami karakter Sinar, ia juga dibantu dengan pengalamannya sebagai penyanyi. Ia menyatakan dengan kemampuannya bisa membayangkan atau mengimajinasikan sesuatu, membuatnya mudah masuk ke dalam karakternya.

"Aku kan basic-nya penyanyi ya, menyanyi dengan berakting itu sebenarnya beda-beda tipis. Kalau misalnya bernyanyi aku nggak perlu merasakan (isi lagu), tapi sebelum nyanyi aku berkhayal, aku membayangkan ada di posisi itu," tuturnya.

"Jadi, aku merasa segala sesuatu itu nggak harus memang kita cemplungin, kita harus lakuin itu untuk merasakan itu. Jadi selagi kita bisa menggambarkan apa yang kita imajinasikan, itu bisa sama tahu caranya. Jadi iya (menyanyi membantu mendalami karakter)," pungkas Ziva Magnolya.

Tag: Ziva Magnolya Sinar Untuk Genta

Bagikan: