Penyebab Langit-Langit Mulut Jadi Bengkak dan Cara Sederhana Mengatasinya

| 28 Aug 2022 14:01
Penyebab Langit-Langit Mulut Jadi Bengkak dan Cara Sederhana Mengatasinya
Ilustrasi langit-langit mulut bengkak (unsplash)

ERA.id - Kesehatan tubuh secara menyeluruh perlu Anda jaga, termasuk mulut. Jika mulut tidak sehat, gangguan kesehatan yang lain bisa terjadi. Langit-langit mulut bengkak adalah salah satu gangguan kesehatan mulut yang bisa sangat mengganggu.

Kesehatan langit-langit mulut jarang diperhatikan. Padahal, langit-langit mulut bengkak bisa membuat aktivitas sehari-hari terkendala, misalnya sakit saat berbicara dan makan. Tak jarang, pola makan pun jadi terganggu. Jika ini telah terjadi, gangguan kesehatan tubuh secara menyeluruh rawan terjadi.

Untuk mencegah hal tersebut, Anda perlu tahu apa saja yang menyebabkan langit-langit mulut bengkak. Dengan demikian, langkah pencegahan bisa dilakukan. Kalau nantinya ternyata Anda tetap mengalami hal ini, langkah penanganan yang tepat juga perlu dilakukan. Berikut ini penjelasannya, dikutip Era dari halodoc.

Penyebab Langit-Langit Mulut Bengkak

1. Trauma atau iritasi

Mulut adalah salah satu bagian tubuh yang cukup sensitif. Hal ini membuat mulut mudah terluka atau mengalami iritasi. Anda perlu tahu bahwa langit-langit mulut adalah salah satu bagian mulut yang rawan mengalami hal tersebut.

Ilustrasi makanan panas penyebab langit langit mulut bengkak (unsplash)

Penyebab umum dari iritasi langit-langit mulut adalah mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas. Jika tangan kita saja tidak kuat saat terkena sesuatu yang panas, apalagi langit-langit mulut yang termasuk bagian sensitif. Selain itu, langit-langit mulut juga rawan mengalami iritasi jika Anda mengonsumsi makanan yang terlalu keras.

2. Dehidrasi

Dehidrasi bisa terjadi akibat kurangnya cairan dan ketidakseimbangan elektrolit di dalam tubuh. Dehidrasi akan menyebabkan mulut menjadi kering dan akhirnya bisa menimbulkan pembengkakan pada bagian langit-langit.

Seperti kita ketahui, sekitar 70% tubuh kita terdiri atas air. Oleh sebab itu, asupan air yang cukup adalah hal penting untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk mulut. Ini adalah cara tersimpel untuk terhindar dari penyakit.

3. Penyakit pada Mulut

Beberapa penyakit bisa menyebabkan pembengkakan pada bagian langit-langit mulut, antara lain papiloma skuamosa, kista pada bagian mukosa mulut, dan infeksi jamur. Penanganan yang tepat dibutuhkan agar hal tersebut tidak menyebabkan hal yang lebih buruk.

Anda bisa datang ke rumah sakit atau puskesmas untuk memeriksakan diri jika mendapati rasa nyeri yang cukup mengganggu pada bagian langit-langit mulut yang membengkak. Hal tersebut penting, apalagi jika nyeri pada area mulut itu tidak kunjung membaik.

Lebih jauh, jika kondisi tersebut diikuti demam, kesulitan saat menelan, dan muncul bercak-bercak putih pada bagian mulut, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter, puskesmas, atau rumah sakit.

Anda tak boleh menyepelekan pembengkakan pada bagian langit-langit mulut yang disebabkan oleh penyakit atau infeksi jamur. Pengobatan atau penanganan yang tepat perlu segera dilakukan agar terhindar dari berbagai komplikasi yang mungkin saja terjadi.

Cara Mengatasi Langit-Langit Mulut Bengkak

Pemeriksaan ke dokter adalah hal yang bisa dilakukan saat langit-langit mulut mengalami pembengkakan, apalagi jika sudah cukup parah. Namun, terkadang kita tak harus terburu-buru melalukannya jika gangguan tersebut masih taraf rendah.

Ilustrasi mengatasi langit langit bengkak dengan air dingin (unsplash)

Pembengkakan pada langit-langit mulut yang disebabkan oleh trauma, cedera, atau mengonsumsi makanan/minuman yang terlalu panas bisa diatasi dengan cara sederhana, salah satunya mengonsumsi air putih/air bening yang cukup dingin. Air dingin memiliki fungsi untuk mengurangi pembengkakan. Anda juga bisa mengonsumsi es krim atau yoghurt dingin.

Selain itu, Anda bisa mengganti pola makan untuk beberapa waktu, yaitu menghindari makanan yang terlalu asin, panas, dan bertekstur keras. Untuk sementara, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan lunak agar langit-langit mulut bengkak tersebut mereda. 

Rekomendasi