Bisa Berbahaya, Ini 4 Jenis Bahan Makanan yang Tidak Boleh Dicampur Madu, Salah Satunya dengan Air Panas..

| 03 Sep 2022 08:05
Bisa Berbahaya, Ini 4 Jenis Bahan Makanan yang Tidak Boleh Dicampur Madu, Salah Satunya dengan Air Panas..
Ilustrasi Madu. (Klikdokter.com)

ERA.idMadu sudah dikenal sebagai salah satu makanan populer yang diproduksi oleh lebah dan memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu, madu juga dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Khasiat madu untuk kesehatan dapat dilihat dari berbagai jenis kandungan nutrisi di dalamnya. Selain difungsikan sebagai obat, madu juga umumnya digunakan sebagai bahan campuran makanan, yang berfungsi menjadi pemanis atau penambah kelezatan rasa.

Madu mengandung rasa manis alami yang sudah diketahui orang banyak sejak zaman kuno. Banyak orang yang memilih untuk mengonsumsi madu karena terkenal dengan kelezatannya.

Selain manis dan lezat, madu juga memiliki fungsi untuk kecantikan. Hal ini  dikarenakan kandungan antioksidan baik, termasuk senyawa fenolik yang ada di dalamnya. Antara lain berguna sebagai pelembap alami wajah yang kering, sebagai obat batuk, mengangkat sel kulit mati, mencegah obesitas, dan membantu melancarkan pencernaan.

Jika digunakan sebagai pemanis, madu dapat ditambahkan sebagai bagian dari salad atau diaduk menjadi smoothie yang sehat. Menurut Ayurveda, ilmu kesehatan dari India yang dilansir dari laman thehealthsite, madu merupakan obat alami terbaik.

Namun, tidak semua makanan bagus dicampur dengan madu. Pasalnya, madu juga bisa menjadi bahan berbahaya jika dipadukan dengan bahan makanan tertentu yang kurang tepat.

Diambil dari berbagai sumber, makanan yang tidak baik dicampur dengan madu diantaranya sebagai berikut.

Madu dan Air Panas

Hati-hati bagi Anda yang germar mencampurkan madu dengan air panas. Sebab, hal ini justru dapat menimbulkan risiko bagi kesehatan Anda.

Mencampur bahan madu ke dalam air panas mendidih berpotensi mengakibatkan kenaikan signifikan dalam hidroksimetil furfuraldehyde (HMF) yang mampu menyebabkan keracunan pada manusia.

Madu dan Lobak

ilustrasi lobak (unsplash)

Masih banyak orang yang meracik salad sayur dengan mencampur lobak ke dalamnya, Selanjutnya, salad tersebut akan terasa lebih lezat jika dipadukan dengan pemanis seperti madu. Ternyata, kombinasi antara lobak dengan madu diyakini dapat membentuk zat beracun dalam tubuh.

Madu dan Daging

Madu dan daging merupakan kombinasi makanan yang dilarang untuk dikonsumsi.

Dua menu ini mampu mengakibatkan gangguan dalam kesehatan tubuh kita. Sebab, kombinasi kedua makanan tersebut bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Terlepas dari cara pengolahannya, disarankan bagi Anda untuk tidak mencampurkan madu di awal proses memasak daging. Sebab, gula alami pada madu dapat mengakibatkan daging mudah gosong.

Selain itu, madu dan bahan daging tidak sesuai untuk dikonsumsi secara bersamaan. Kedua bahan makanan ini akan menimbulkan gangguan pada kesehatan tubuh jika dicampurkan secara bersamaan.

Oleh sebab itu, ada baiknya untuk tidak menambahkan madu ketika memanggang daging.

Minyak Samin

Minyak samin atau yang lebih dikenal dengan ghee merupakan mentega yang berasal dari lemak hewani yang dimurnikan. Nah, proses mencampurkan madu dengan minyak samin ini juga tidak disarankan. Apalagi jika dua bahan ini dikonsumsi.

Sebab campuran dari kedua bahan makanan ini akan menciptakan zat racun di dalam tubuh. Oleh sebab itu, konsumsi madu dan minyak samin sangat bisa berakibat fatal bagi tubuh dan sebaiknya dihindari.

Demikianlah beberapa bahan yang tidak boleh dicampur dengan madu, sebab akan sangat berbahaya bagi tubuh, apalagi jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi