Wajib Diketahui, Ini 7 Cara Menurunkan Demam dengan Cepat untuk Orang Dewasa

| 13 Sep 2022 21:05
Wajib Diketahui, Ini 7 Cara Menurunkan Demam dengan Cepat untuk Orang Dewasa
Ilustrasi demam. (KlikDokter.com)

ERA.id - Pada umumnya, demam yang Anda alami akan turun dalam beberapa hari dengan sendirinya. Namun, agar keesokan harinya Anda segera bisa kembali beraktivitas dengan nyaman, ada beberapa tips yang bisa dilakukan supaya demam bisa turun dalam semalam.

Demam merupakan sebuah kondisi tubuh yang memiliki suhu lebih tinggi dari normal. Demam sendiri muncul sebagai respons alami tubuh seseorang terhadap infeksi. Kemunculan demam dapat dikarenakan infeksi bakteri maupun virus, bisa juga dari reaksi alergi.

Ilustrasi cara turunkan demam (Freepik)

Seseorang bisa disebut dalam keadaan demam ringan jika memiliki suhu tubuh antara 37,7–38,3⁰ C. Sedangkan, demam tinggi terjadi jika suhu tubuh seseorang mencapai  angka 39,4–40⁰ C.

Demam ringan dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi Anda dapat mencoba beberapa cara untuk menurunkan demam dalam satu malam, seperti dengan minum banyak cairan dan beristirahat yang cukup.

Namun jika demam yang diderita terlalu tinggi, Anda disarankan untuk segera kunjungi fasilitas kesehatan terdekat untuk menerima penanganan yang tepat.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk meredakan demam dalam semalam, antara lain:

Istirahat yang cukup

Demam merupakan sebuah penanda bahwa sistem imun dalam tubuh Anda tengah berperang melawan bakteri atau virus yang mengakibatkan infeksi. Agar sistem imun tubuh Anda meningkat, maka istirahat dan tidur yang cukup sangatlah diperlukan. Tidur yang berkualitas sepanjang malam juga bisa menjadi salah satu cara meredakan demam dalam semalam.

Konsumsi bahan-bahan herbal

Cara menurunkan demam lainnya yaitu dengan mengonsumsi bahan-bahan herbal, seperti daun kelor dan jahe. Daun kelor sendiri terkenal mampu menurunkan demam, dan tidak berefek berat untuk organ hati daripada obat penurun demam yang dijual pada umumnya.

Sedangkan, jahe diketahui mengandung suatu zat yang bersifat antimikroba dan mampu melawan infeksi bakteri yang menyebabkan demam.

Minum banyak air mineral

Saat demam, mengonsumsi banyak air minum sangatlah penting, sebab air bisa membantu mengatur suhu tubuh, menyingkirkan bakteri dan virus, dan juga melancarkan sistem kerja tubuh Anda.

Selain itu, air mineral juga bisa mencegah serangan dehidrasi saat demam. Hal yang perlu Anda ingat, semakin tinggi demam yang Anda rasakan, maka semakin tinggi juga risiko dehidrasi. Dengan demikian, pastikan Anda tidak kekurangan minum agar kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi.

Konsumsi obat penurun demam

Dengan mengonsumsi obat penurun demam juga dapat membantu Anda menghindari rasa tidak nyaman yang muncul. Beberapa jenis obat yang bisa Anda gunakan sebagai penurun demam dalam semalam, antara lain acetaminophen, ibuprofen, dan aspirin.

Namun, pastikan Anda mengikuti petunjuk penggunaan obat dengan tepat. Jika demam belum juga turun atau justru suhu tubuh bertambah tinggi padahal Anda sudah minum obat, segerakanlah periksa lebih lanjut ke dokter untuk menerima penanganan lebih lanjut.

Mendinginkan tubuh

Cara ini dapat membantu Anda mengantisipasi rasa tidak nyaman saat demam muncul. Cara ini bisa Anda lakukan dengan melakukan mandi air hangat atau air biasa, serta memakai kompres ke area leher, ketiak, dan dahi.

Kenakan pakaian yang nyaman

Banyak orang yang berpikiran bahwa melapisi tubuh dengan selimut tebal saat diserang demam dapat menghasilkan keringat dan mempercepat penurunan suhu tubuh. Namun faktanya, hal ini tidak memberikan manfaat apa pun bagi tubuh.

Cara yang tepat adalah dengan mengenakan pakaian yang nyaman. Gunakan pakaian yang mampu menyerap keringat, agar panas tubuh tidak terjebak dalam pakaian. Hal ini juga bisa menjadikan tidur Anda lebih nyenyak.

Memenuhi asupan nutrisi

Untuk kondisi tertentu, demam yang dikarenakan infeksi dapat membuat seseorang merasakan mual dan kehilangan nafsu makan. Namun, secara konsep dasar, Anda harus tetap mengonsumsi makanan bernutrisi yang cukup kandungan vitamin, antioksidan, dan mineral agar sistem kekebalan tubuh meningkat.

Jika tidak bisa mengonsumsi porsi yang besar, Anda cukup mengonsumsi makanan dalam porsi kecil tetapi dengan intensitas yang lebih sering. Sup ayam hangat bisa Anda jadikan alternatif untuk menghasilkan energi tanpa rasa mual.

Jika makanan masih membuat Anda mual, Anda bisa menggantinya dengan jus buah dan sayuran agar tubuh tetap menerima nutrisi yang optimal.

Nah, demikianlah beberapa tips yang bisa dilakukan saat demam. Beragam cara menurunkan demam dalam semalam ini hanya bisa Anda terapkan pada demam yang masih tergolong ringan.

Namun, jika Anda mengalami demam tinggi yang diikuti saki perut, muntah terus-menerus, kaku pada leher, sakit kepala parah, nyeri dada, kesulitan buang air kecil, kejang, hingga kesulitan bernapas, tentunya segeralah periksakan diri ke dokter untuk menerima penanganan yang tepat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi