Cara Turunkan Demam Anak dengan Bahan Alami dan Tradisional, Bisa Dipraktikkan di Rumah

| 19 Oct 2022 15:03
Cara Turunkan Demam Anak dengan Bahan Alami dan Tradisional, Bisa Dipraktikkan di Rumah
Ilustrasi anak demam (unsplash)

ERA.id - Anak demam terutama pada malam hari biasanya membuat orang tua khawatir. Oleh sebab itu, cara tradisional mengatasi anak demam di malam hari perlu dikuasai.

Demam sebenarnya merupakan mekanisme tubuh dalam merespons infeksi yang menyerang tubuh. Namun, untuk meredakan kekhawatiran, orang tua bisa melakukan beberapa hal agar demam segera teratasi sehingga anak tidak terus menangis. Berikut beberapa cara tradisional yang bisa dilakukan, dikutip Era dari halodoc.

Cara Tradisional Mengatasi Anak Demam di Malam Hari

· Kompres

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk meredakan demam anak adalah kompres hangat. Orang tua bisa merendam handuk ke dalam air panas. Peras handuk tersebut agar tidak terlalu basah. Kemudian, lapisi handuk tersebut dengan bahan lain, misalnya kain, agar kulit anak tidak terbakar.

Bentuk lain dari kompres hangat adalah memasukkan air hangat ke botol. Jika botol tersebut masih terasa panas, lapisi botol tersebut dengan kain agar tidak terlalu panas saat terkena kulit.

Ketika kompres hangat dilakukan, anak mungkin akan rewel karena merasa tidak nyaman. Namun, cara ini telah dipercaya sejak dahulu untuk meredakan demam. Perlu dicatat, kompres hangat hanyalah cara penyembuhan sementara. Jadi, ketika pagi datang, orang tua harus segera membawa si kecil ke rumah sakit atau dokter.

· Menyeka Tubuh

Kompres hanya dilakukan pada bagian tubuh tertentu, sedangkan penyekaan dilakukan pada seluruh tubuh anak. Penyekaan dilakukan dengan air hangat, bukan air panas. Penyekaan tubuh dengan air hangat akan sedikit menurunkan suhu tubuh anak. 

Perlu diingat, jangan menyeka tubuh anak demam menggunakan air dingin. Air dingin akan membuat buah hati menggigil. Tak hanya itu, suhu tubuh anak juga akan meningkat karena berusaha mengimbangi suhu air dingin yang menyentuh kulitnya.

· Pakaian Tipis

Hal salah yang umumnya dilakukan saat anak demam adalah memberikan pakaian dan selimut yang tebal agar si anak merasa hangat. Cara ini malah mencegah keluarnya panas dari dalam tubuh sehingga suhu tubuh menjadi semakin tinggi.

Jika anak sedang demam, sebaiknya berikan pakaian dengan bahan yang tipis. Dengan cara tersebut, panas bisa keluar dari tubuh anak dengan lebih mudah sehingga suhunya segera menurun.

· Air Putih/Air Mineral

Ilustrasi air putih untuk menurunkan demam anak (unsplash)

Minum banyak air putih bisa meredakan demam, termasuk pada anak. Anak yang demam akan kehilangan banyak cairan tubuh. Dengan memberikan asupan cairan, kadar air dalam tubuh anak akan terjaga. Hal ini membantu tubuh untuk lebih cepat mengeluarkan panas serta mencegah dehidrasi.

· Bawang Merah

Bawang merah dipercaya mengandung minyak atsiri yang punya kemampuan untuk menurunkan demam. Untuk memanfaatkan bawang merah, orang tua bisa memarut bawang merah, kemudian mencampurkan minyak kelapa atau minyak kayu putih.

Setelah ramuan tersebut jadi, oleskan ke seluruh tubuh anak. Hindari pengaplikasian pada area kepala agar mata anak tidak terasa panas. Selain itu, hindari pemakaian bawang putuh jika si anak memiliki jenis kulit sensitif.

Itulah beberapa cara tradisional mengatasi anak demam di malam hari. Setelah melakukan treatment tersebut, suhu anak anak menurun. Namun, ada baiknya si anak dibawa ke dokter ketika pagi hari untuk mendapatkan pengecekan dan perawatan jika dibutuhkan. 

Rekomendasi