6 Manfaat Madu Hijau untuk Kesehatan, Bahan Alami dengan Segudang Kebaikan

| 01 Oct 2022 20:10
6 Manfaat Madu Hijau untuk Kesehatan, Bahan Alami dengan Segudang Kebaikan
Ilustrasi Madu. (Unsplash)

ERA.id - Madu hijau mungkin belum terlalu populer di masyarakat. Namun, manfaat madu hijau tak bisa dipandang sebelah mata, terutama untuk kesehatan. Salah satu kemampuan dari jenis madu ini adalah mengatasi gangguan pencernaan.

Ilustrasi Sakit Maag. (Unsplash)

Selain itu, masih banyak kebaikan yang bisa didapatkan dari madu hijau. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut mengenai berbagai manfaat kesehatan madu hijau, dikutip Era dari Merdeka.

6 Manfaat Madu Hijau untuk Kesehatan

1. Mengatasi disentri

Kita mulai dengan hal yang telah disentil di awal, yaitu masalah pencernaan. Madu hijau bisa menjadi obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit disentri. Disentri merupakan gangguan kesehatan yang terjadi saat usus dalam kondisi tidak stabil dan mengalami infeksi serta peradangan.

Gangguan tersebut bisa menyebabkan mual, diare, kram perut, demam, dan muntah. Madu hijau punya sifat antibakteri yang bisa membunuh bakteri penyebab infeksi dan peradangan usus.

2. Mengatasi penyakit lambung

Manfaat lain madu hijau untuk sistem pencernaan adalah menjadi obat penyakit lambung. Penyakit mag dan berbagai gangguan saluran pencernaan lain bisa diatasi oleh madu hijau.

Madu hijau memiliki kemampuan untuk menetralkan asam lambung. Peningkatan asam lambung bisa menimbulkan berbagai gangguan, seperti perih, mual, sesak dada, dan rasa kembung yang berlebihan.

Konsumsi madu hijau bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki riwayat mag dan saluran pencernaan lainnya. Menyimpan beberapa botol madu hijau sebagai persediaan adalah langkah yang bijak untuk dilakukan. Jika gangguan lambung tersebut tiba-tiba muncul, Anda bisa segera menggunakan madu hijau sebagai obat tradisional.

3. Mengobati radang tenggorokan dan batuk

Bebeberapa gangguan pernapasan bisa diatasi oleh madu hijau, antara lain radang tenggorokan dan batuk. Berdasarkan penelitian yang melibatkan 110 anak, dilansir Benefits of Honey, pemberian madu hijau menghasilkan reaksi khusus.

Beberapa reaksi tersebut antara lain setara dengan efek pemberian dosis zat dekstrometorfan yang berfungsi untuk meredakan batuk. Hal tersebut menunjukkan bahwa madu hijau mampu menyembuhkan batuk dan masalah tenggorokan.

4. Daya Tahan Tubuh

Seperti jenis madu lain, madu hijau juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina. Madu hijau mengandung kalori dan gula yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan.

Jika Anda sedang atau akan melakukan aktivitas yang membutuhkan tubuh fit, konsumsi madu hijau bisa jadi pilihan yang tepat untuk dilakukan. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau mencampurkannya dengan dengan minuman hangat. Namun perlu diingat, jangan mencampurkan madu dengan air panas.

5. Mencegah Sel Kanker

Manfaat madu hijau yang selanjutnya adalah mencegah pertumbuhan sel kanker. Pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh bisa berakibat fatal. Oleh sebab itu, pencegahan adalah langkah yang bijak untuk menghindari kemungkinan terburuk.

Hal tersebut juga perlu disokong dengan gaya hidup dan pola makan yang sehat. Hal tersebut akan meminimalisir kemungkinan perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

6. Menjaga kestabilan tekanan darah

Tekanan darah harus dijaga agar tetap stabil. Tekanan darah yang tidak stabil bisa memicu berbagai masalah kesehatan, misalnya hipertensi, hipotensi, stroke, gagal ginjal, dan serangan jantung.

Selain gaya hidup yang sehat, konsumsi madu hijau secara rutin bisa membantu agar tekanan darah tetap stabil.

Itulah beberapa manfaat madu hijau untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Selain itu, gaya hidup yang sehat juga harus dilakukan untuk mencegah penyakit datang bersarang.

Baca artikel-artikel dan informasi menarik lainnya, pantau terus kabar terbaru dari ERA, Media Terpercaya dan Pilihan Anda.

Rekomendasi