Apakah Gagal Ginjal Bisa Sembuh? Simak Penjelasannya Berikut

| 13 Oct 2022 16:04
Apakah Gagal Ginjal Bisa Sembuh? Simak Penjelasannya Berikut
Ilustrasi Diabetes (Foto: Pixabay)

ERA.id - Salah satu penyakit yang masih menjadi momok bagi sebagian besar orang adalah gagal ginjal. Pasalnya, seseorang yang menderita gagal ginjal berisiko hanya hidup dengan satu ginjal selama sisa hidupnya.

Dalam situs Cleveland Clinic disebutkan, gagal ginjal merupakan kondisi di mana salah satu atau kedua ginjal mengalami kerusakan yang cukup parah. Akibatnya, ginjal tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

Sebagai organ tubuh, ginjal memiliki peran penting untuk membuang racun dalam proses metabolisme. Ginjal berfungsi untuk menyaring darah dan mengeluarkan limbahnya dari tubuh dalam bentuk urin. Ketika ginjal tidak berfungsi secara efektif, limbah yang semestinya dibuang malah tertumpuk di dalam tubuh.

Ada dua hal yang menyebabkan gagal ginjal pada umumnya, yaitu hipertensi dan diabetes. Selain itu, gagal ginjal juga bisa diakibatkan oleh interaksi obat, overdosis, bahkan efek samping dari obat-obatan tertentu yang dikonsumsi.

Sedangkan untuk jenisnya, ada gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis. Gagal ginjal akut dialami seorang penderita selama beberapa jam atau beberapa hari. Sementara itu, gagal ginjal kronis terjadi dalam kurun waktu yang panjang, bahkan permanen.

Meskipun demikian, gagal ginjal yang bersifat akut maupun kronis, tentunya berakibat fatal dan berisiko mengancam jiwa penderitanya. Lantas, apakah gagal ginjal bisa sembuh? Berikut penjelasannya di bawah ini.

Apa Saja Gejala Gagal Ginjal?

Melansir laman Healthline, gagal ginjal tahap awal kerap kali tidak mengakibatkan gejala yang signifikan. Oleh sebab itu, tak heran jika banyak orang yang belum menyadari bahwa dirinya sedang menderita gagal ginjal.

Tentunya ketidaktahuan tersebut menyebabkan penyakit ini akan semakin bertambah parah dan menjadikan ginjal si penderita mengalami kerusakan untuk jangka waktu selanjutnya. Dalam kondisi ini, tubuh bisa jadi memperlihatkan beberapa gejala berikut:

· Kantuk atau kelelahan yang berlebihan.

· Mual.

· Dada terasa sakit atau tertekan.

· Warna urin berubah dan berbusa.

· Jumlah urin berkurang.

· Kaki, dan pergelangan kaki membengkak.

· Sesak napas. 

Lantas, Apakah Gagal Ginjal Bisa Sembuh?

Gagal ginjal tentunya masih bisa disembuhkan, namun tergantung dari jenis gagal ginjal yang diderita seseorang. Melansir situs Mayoclinic, kerusakan ginjal yang diakibatkan gagal ginjal akut masih berpeluang untuk disembuhkan.

Penderita gagal ginjal pada umumnya ditangani dengan rawat inap di rumah sakit. Masa perawatan tergantung dari penyebab gagal ginjal dan pemulihannya.

Sedangkan, untuk gagal ginjal kronis biasanya sudah susah untuk disembuhkan. Perawatan dijalankan hanya untuk mengurangi gejala dan komplikasi serta memperlambat berkembangnya penyakit, tetapi tidak untuk menyembuhkan.

Penderita gagal ginjal kronis sendiri diharuskan menjalani prosedur cuci darah untuk menggantikan fungsi ginjal yang seharusnya menyaring sisa-sisa metabolisme. Cuci darah harus dijalankan agar pasien dapat terhindar dari komplikasi yang berisiko untuk jiwanya.

Selain itu, penderita juga dapat melakukan transplantasi ginjal. Ginjal yang ditransplantasikan mampu berfungsi sebagaimana mestinya, sehingga pasien tidak memerlukan cuci darah lagi.

Bagaimana Cara Mencegah Gagal Ginjal?

Ilustrasi tips olahraga untuk penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi (Unsplash/Chander R)

Dari penjelasan di atas, maka penting bagi kita untuk merawat kesehatan ginjal sebagai cara untuk mencegah gagal ginjal. Perawatan ginjal tersebut dapat dijalani dengan cara menerapkan pola hidup sehat, antara lain:

· Rutin memeriksakan ginjal.

· Minum obat sesuai petunjuk medis.

· Penderita diabetes sebaiknya berusaha menjaga kisaran target gula darah yang ditentukan.

· Makan makanan rendah garam.

· Makan lebih banyak buah dan sayuran.

· Pertahankan tekanan darah di bawah 140/90.

· Menurunkan berat badan jika kelebihan berat badan.

· Aktif berolahraga. Aktivitas fisik membantu mengontrol kadar gula darah.

· Berhenti merokok.

Dari penjelasan di atas, lantas apakah gagal ginjal bisa sembuh? Tentunya pertanyaan ini dapat Anda tunda dengan cara mencegahnya terlebih dahulu sebelum kemungkinan terburuk terjadi.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi