Efek Minum Saffron Setiap Hari, Mulai dari Melawan Kanker hingga Penyebab Keguguran

| 02 Sep 2024 20:06
Efek Minum Saffron Setiap Hari, Mulai dari Melawan Kanker hingga Penyebab Keguguran
Apa efek minum saffron setiap hari (freepik)

ERA.id - Penggunaan saffron dalam pengobatan tradisional telah berlangsung selama ribuan tahun, tetapi tahukan Anda apa efek minum saffron setiap hari?

Artikel ini akan membahas berbagai manfaat dan potensi resiko minum saffron setiap hari, serta apa yang perlu Anda ketahui sebelum menambahkannya ke dalam rutinitas harian Anda.

Saffron mungkin memiliki manfaat sebagai antioksidan, anti-inflamasi, dan antikanker. Namun, bagi wanita hamil, sebaiknya menghindari konsumsi saffron dalam dosis tinggi.

Mengenal Saffron

Dilansir dari WebMD, saffron adalah rempah paling mahal di dunia, dengan harga 450 gram berkisar antara $500 hingga $5,000. Alasan harganya yang tinggi adalah metode panen yang membutuhkan banyak tenaga, yang membuat produksinya menjadi mahal.

Saffron sendiri dipanen secara manual dari bunga Crocus sativus, yang dikenal sebagai bunga saffron. Istilah “saffron” merujuk pada struktur seperti benang pada bunga tersebut yang disebut stigma.

Meskipun asal-usul saffron masih diperdebatkan, rempah ini telah digunakan selama hampir 4.000 tahun karena sifat medisnya dan khasiat pengobatannya.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas Mengenal Trauma Bonding

Apa Efek Minum Saffron Setiap Hari?

Dilansir dari Healthline, saffron umumnya aman dengan sedikit atau tanpa efek samping. Dalam jumlah aman, saffron tampaknya tidak menyebabkan efek samping pada manusia.

Sebagai suplemen makanan, Anda dapat dengan aman mengonsumsi hingga 1,5 gram saffron per hari. Namun, ketika dikonsumsi dengan dosis tinggi 5 g atau lebih dapat memiliki efek toksik.

Selain itu, wanita hamil juga harus menghindari dosis tinggi, karena hal ersebut terbukti menyebabkan keguguran pada penelitian hewan dan dapat mempengaruhi serviks pada manusia sebelum kehamilan.

Kemudian penting untuk membeli saffron dari merek yang memiliki reputasi baik untuk memastikan Anda mendapatkan produk yang asli. Jika saffron tampak terlalu murah, sebaiknya hindari.

Manfaat Konsumsi Saffron (freepik)

Manfaat Konsumsi Saffron

Saffron merupakan rempah dengan kandungan antioksidan kuat, termasuk krocin, krocetin, safranal, picrocrocin, dan kaempferol. Meskipun memiliki berbagai efek yang tidak terlalu banyak saffron memiliki banyak efek positif, berikut diantaranya:

  1. Obat Segala Penyakit

Krocin sendiri yang memberikan warna merah pada saffron dan diketahui memiliki sifat antidepresan dan melindungi sel otak dari kerusakan.  Safranal juga berpotensi mengatasi berbagai kondisi kesehatan seperti peradangan, asma, hipertensi, kanker, dan depresi.

  1. Menambah Imun

Kemudian kaempferol dalam kelopak bunga saffron dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari virus seperti hepatitis B, flu, HIV, dan virus syncytial pernapasan.

  1. Anti Depresan

Saffron juga dikenal sebagai "rempah matahari" karena kemampuannya untuk meningkatkan suasana hati. Studi menunjukkan saffron efektif dalam mengobati gejala depresi ringan hingga sedang, setara dengan beberapa obat antidepresan, namun dengan efek samping yang lebih sedikit.

  1. Melawan Kanker

Selain itu, saffron memiliki potensi melawan kanker. Antioksidan dalam saffron dapat menetralkan radikal bebas dan menghambat pertumbuhan tumor tanpa merusak sel sehat.

Penelitian menunjukkan bahwa saffron efektif untuk beberapa jenis kanker seperti kolorektal, payudara, paru-paru, prostat, serviks, leukemia, dan otak.

  1. Meningkatkan Fungsi Seksual

Saffron juga dapat membantu meredakan gejala sindrom pramenstruasi (PMS) dan berfungsi sebagai afrodisiak, terutama bagi mereka yang mengalami disfungsi seksual akibat antidepresan.

Studi menunjukkan saffron dapat meningkatkan fungsi ereksi, libido, dan kepuasan seksual. Namun, konsultasi dengan tenaga medis diperlukan sebelum menggunakan saffron untuk tujuan kesehatan tertentu.

Selain apa efek minum saffron setiap hari, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi