5 Khasiat Akar Bajakah yang Harus Anda Ketahui, Salah Satunya Cegah Diabetes

| 11 Sep 2022 09:01
5 Khasiat Akar Bajakah yang Harus Anda Ketahui, Salah Satunya Cegah Diabetes
Ilustrasi Akar Bajakah. (Foto: Halodoc.com)

ERA.id - Beberapa waktu terakhir, tanaman herbal bajakah sering menjadi pembicaraan di dunia kesehatan. Terutama setelah penelitian 2019 silam tentang tanaman dan kayu bajakah yang dijalankan oleh tiga pelajar asal Indonesia dan meraih medali emas pada ajang World Invention Creativity Olympic di Korea Selatan.

Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa akar bajakah terdiri dari kandungan berbagai senyawa penting. Contohnya fenolik, flavonoid, saponin, dan tanin.

Ilustrasi akar bajakah. (Foto: Pikiranrakyat.com)

Akar tanaman yang dapat dikonsumsi dengan cara direbus ini, diyakini dapat memberikan banyak khasiat bagi kesehatan tubuh.

Karena kandungan senyawa penting pada akar bajakah, berikut merupakan manfaat kesehatan yang dapat didapatkan, antara lain:

Mencegah Berbagai Penyakit Kronis

Kandungan senyawa flavonoid dalam akar bajakah dapat mencegah berbagai penyakit kronis. Sebab, flavonoid akan membantu tubuh mengatur aktivitas sel dan melawan radikal bebas yang dapat menimbulkan stres oksidatif pada tubuh. Secara sederhana, flavonoid dapat melindungi tubuh dari racun dan stres sehari-hari, sehingga dapat menjadikan fungsi tubuh berjalan lebih optimal. Flavonoid juga berperan sebagai antioksidan yang kuat, dan dapat mencegah berbagai risiko penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes, dan penyakit kognitif seperti alzheimer dan demensia.

Mencegah Obesitas

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Neurologico Spinale Medico Chirurgico menyatakan bahwa konsumsi ekstrak kayu bajakah tampala efektif untuk menurunkan kadar Reactive Oxygen Species (ROS) pada tikus yang mengalami obesitas.

Perlu diketahui bahwa ROS berguna sebagai molekul yang memberi sinyal pada sel untuk melakukan proses biologis normal. Kadar ROS yang tinggi juga berhubungan erat dengan obesitas. Selain itu, ekstrak kayu bajakah juga mampu menurunkan berat lemak visceral atau lemak aktif secara efektif.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Salah satu khasiat akar bajakah untuk kesehatan yaitu mempercepat proses penyembuhan luka. Akar bajakah memiliki kandungan senyawa metabolit sekunder seperti flavonoid, tanin, saponin, dan fenol. Nah, kandungan senyawa tanin berfungsi untuk menghilangkan mikroba berbahaya dari tubuh. Selain itu, kandungan tanin juga dapat melawan bakteri, virus, dan jamur berbahaya dengan cara mempercepat pembekuan darah. Maka dari itu, proses penyembuhan pada luka pun bisa berjalan lebih cepat.

Mencegah Risiko Diabetes

Dilansir dari WebMD, sejumlah penelitian telah menyatakan banyak sekali manfaat dari senyawa flavonoid. Salah satunya mencegah penyakit seperti diabetes melitus. Nah, kandungan flavonoid pada akar bajakah diyakini dapat mencegah diabetes dan komplikasinya. Meski demikian, ada baiknya untuk mengonsumsi obat diabetes yang diresepkan dan mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi akar bajakah. 

Menurunkan Risiko Penyakit Hati

Dilansir dari penelitian yang terbit pada The Journal Of Tropical Life Science, akar bajakah diyakini mempunyai kandungan antioksidan yang cukup untuk mencegah kerusakan hati. Oleh sebab itu, salah satu cara menurunkan risiko penyakit hati yaitu dengan mengonsumsi akar bajakah. Namun, hal ini masih dibutuhkan penelitian yang lebih dalam terkait efektivitas akar bajakah dalam pencegahan penyakit liver.

Nah, demikianlah beberapa khasiat yang dapat dirasakan dari konsumsi ekstrak akar bajakah. Mulai dari mencegah obesitas, mencegah berbagai risiko kronis, mempercepat penyembuhan luka, mencegah risiko diabetes, hingga menurunkan risiko penyakit hati. Namun, walaupun dianggap memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, penelitian mengenai efektivitas ekstrak akar bajakah masih harus dilakukan lebih dalam lagi.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi