Lebih Parah Mana Stroke Kanan atau Kiri? Berikut Penjelasan Medisnya

| 16 Oct 2022 07:07
Lebih Parah Mana Stroke Kanan atau Kiri? Berikut Penjelasan Medisnya
Ilustrasi stroke (Unsplash)

ERA.id - Di otak manusia setiap area bertanggung jawab atas fungsi dan kemampuan tertentu. Jadi tidak heran bahwa otak adalah organ yang sangat kompleks, terdiri dari lobus dan lipatan yang berbeda. Lantas lebih parah mana stroke kanan atau kiri? Mari temukan jawabannya.

Otak kanan dan kiri memiliki fungsi yang berbeda-beda (unsplash)

Stroke yang terjadi di satu area otak dapat mempengaruhi tubuh secara berbeda. Tiga komponen utama otak adalah batang otak, otak kecil, dan otak besar. Karena batang otak bertanggung jawab atas proses yang tidak disengaja (seperti pernapasan dan detak jantung) stroke di batang otak sering kali mengancam jiwa.

Sedangkan otak kecil mengkoordinasikan gerakan motorik seperti koordinasi, keseimbangan, dan ucapan. Namun, secara umum stroke tidak terjadi baik di batang otak atau otak kecil.

Kemudian cerebrum adalah bagian terbesar dari otak dan terdiri dari belahan kanan dan kiri. Bagian ini bertanggung jawab untuk fungsi kognitif yang lebih tinggi seperti menafsirkan informasi sensorik dan ucapan, bersama dengan penalaran, emosi, pembelajaran, dan kontrol gerakan motorik yang baik.

Kebanyakan stroke iskemik mempengaruhi otak besar dan dapat dibagi ke dalam kategori stroke otak kiri dan stroke otak kanan.

Aktivitas yang Dikontrol oleh Setiap Sisi Otak?

Meskipun setiap stroke adalah unik, mereka cenderung mempengaruhi orang dengan cara yang sama berdasarkan sisi otak mana yang terpengaruh. Setiap sisi otak bertanggung jawab untuk mengendalikan bagian tubuh yang berbeda serta tugas yang berbeda.

Dilansir dari cbchealth.de berikut ini beberapa fungsi otang yang mengontrol masing-masing gerakan dan aktifitas manusia.

Kontrol Otak Kiri:

● Gerakan di sisi kanan tubuh

● Berpikir kritis

● Logika & penalaran

● Bahasa

● Sains dan matematika

● Menulis

● Keterampilan angka

Kontrol Otak Kanan:

● Gerakan di sisi kiri tubuh

● Kesadaran seni

● Imajinasi

● Intuisi

● Wawasan

● Pemikiran holistik

● Kesadaran musik

● Pengenalan spasial

Lebih Parah Mana Stroke Kanan atau Kiri?

Istilah Stroke Otak Kiri dan Stroke Otak Kanan mengacu pada sisi otak tempat terjadinya obstruksi yang menyebabkan stroke. Tidak ada sisi yang lebih buruk atau lebih baik dari stroke, karena kedua sisi mengontrol banyak fungsi penting, tetapi stroke yang lebih parah akan menghasilkan efek yang lebih besar.

Efek Stroke Otak Kiri:

● Kemungkinan kelumpuhan di sisi kanan tubuh

● Masalah bicara/bahasa

● Lambat, perilaku hati-hati

● Penurunan kemampuan organisasi

● Kelemahan wajah atau masalah menelan

● Hilang ingatan

Efek Stroke Otak Kanan:

● Kemungkinan kelumpuhan di sisi kiri tubuh

● Masalah penglihatan

● Perilaku cepat, terlalu ingin tahu

● Pengambilan keputusan yang buruk

● Kelemahan wajah atau masalah menelan

● Hilang ingatan

Agar pasien dapat melihat perubahan positif setelah stroke, proses rehabilitasi harus segera dimulai, terlepas dari sisi otak mana yang terkena stroke. Meskipun efek stroke bisa parah, otak memiliki kemampuan luar biasa untuk menyesuaikan dan bahkan menghubungkan kembali jalur neurologis.

Fungsi adaptasi otak tersebut disebut neuroplastisitas dan dapat diamati pada berbagai skala, dari perubahan mikroskopis pada neuron individu hingga perubahan skala yang lebih besar seperti pemetaan ulang kortikal sebagai respons terhadap cedera seperti stroke.

Selain lebih parah mana stroke kanan atau kiri, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Tags : kesehatan Stroke
Rekomendasi