Lebih Baik Duduk di Sisi Kiri atau Kanan Pesawat? Pertimbangkan Hal-hal Berikut

| 23 Aug 2024 20:46
Lebih Baik Duduk di Sisi Kiri atau Kanan Pesawat? Pertimbangkan Hal-hal Berikut
Lebih baik duduk di sisi kiri atau kanan pesawat? (Pixabay)

ERA.id - Ketika Anda memesan tiket pesawat, salah satu keputusan penting yang mungkin sering terlewatkan atau bahkan tidak terpikirkan adalah memilih sisi kiri atau kanan pesawat. Meskipun hal tersebut terkesan sepele, sisi tempat duduk Anda dapat berpengaruh terhadap kenyamanan pengalaman penerbangan. Beberapa orang bahkan lebih memilih tempat duduk dekat jendela atau lorong pesawat. Namun, menurut Anda, lebih baik duduk di sisi kiri atau kanan pesawat? 

Bagi Anda yang akan melakukan penerbangan jauh, tentu ada beberapa hal yang penting untuk dipertimbangkan, mulai dari pemandangan hingga kenyamanan saat tidur. Nah, oleh karena itu, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Ilustrasi pesawat penumpang. (Foto: UNSPLASH)

Lebih Baik Duduk di Sisi Kiri atau Kanan Pesawat?

Dilansir dari ERA, ada beberapa pertimbangan yang bisa Anda jadikan alasan untuk memilih tempat duduk, antara lain:

Peluang menyaksikan pemandangan bagus

Bagi Anda yang memang suka duduk di kursi dekat jendela, mungkin dapat memperkirakan sisi mana yang berpeluang menikmati pemandangan bagus. Ini dapat Anda perkirakan dengan memeriksa rute penerbangan, contohnya apakah akan melewati pegunungan atau pantai. Hal yang perlu diingat, meskipun sudah memeriksa jalur penerbangan, kondisi ini bisa saja berubah. Mungkin karena cuaca atau perubahan rute yang menjadikan Anda tidak dapat menyaksikan pemandangan bagus.

Pemandangan langit

Jika Anda memilih penerbangan di malam hari dan berada di rute kutub, disarankan untuk memilih sisi yang menghadap ke utara, agar memberi peluang atau kesempatan bagi Anda yang ingin melihat aurora borealis.

Namun, jika Anda memilih penerbangan di siang hari, posisi matahari menjadi hal yang dipertimbangkan. Sebaiknya duduk di sisi yang berlawanan dengan arah sinar matahari, sehingga akan risiko silau akan berkurang dan menjadikan penerbangan Anda lebih nyaman.

Preferensi posisi tidur

Apakah Anda lebih sering tidur miring ke kanan atau ke kiri? Jika cenderung bersandar ke kanan, sebaiknya pilihlah kursi di sisi kanan pesawat yang mungkin lebih nyaman, terutama saat melakukan penerbangan jarak jauh. Bagi Anda yang memesan kelas bisnis dengan kursi yang dapat berbaring datar, sisi pesawat mungkin tidak akan berpengaruh terhadap kenyamanan tidur Anda.

Mana yang Lebih Dominan, Tangan Kanan atau Kiri?

Pertimbangan ini bisa jadi lebih cocok bagi Anda yang memiliki rencana bekerja selama penerbangan. Jika Anda memang kidal, pilihlah kursi di sisi kiri pesawat, karena lebih mudah untuk mengatur posisi tangan saat mengoperasikan laptop. Bagi yang lebih mengutamakan kenyamanan daripada bekerja, posisi kursi yang jauh dari toilet dan berada di bagian depan pesawat bisa dijadikan sebagai pilihan tepat.

Demikianlah beberapa informasi terkait pertimbangan penentuan posisi duduk di pesawat. Nah, sebelum Anda memesan tiket, pertimbangkan baik-baik sisi pesawat yang menjadi pilihan tempat duduk sesuai dengan kebutuhan Anda, ya! Semoga informasi ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi