Daun yang Bisa Menurunkan Demam Anak, Solusi Alami Kesehatan Buah Hati Anda

| 27 Jan 2024 16:55
Daun yang Bisa Menurunkan Demam Anak, Solusi Alami Kesehatan Buah Hati Anda
Daun yang bisa menurunkan demam anak (unsplash)

ERA.id - Mengatasi demam pada anak adalah salah satu tantangan yang sering dihadapi oleh para orang tua. Saat mencari alternatif pengobatan yang bersifat alami maka tidak ada salahnya mencoba beberapa daun yang bisa menurunkan demam anak.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis daun yang telah lama dikenal dan digunakan karena efek menurunkan demam. Mari kita simak beragam tanaman yang dapat menjadi solusi alami untuk meredakan anak demam.

Daun yang Bisa Menurunkan Demam Anak

  1. Kombinasi Daun Teh dengan Jahe + Madu

Khasiat anti-inflamasi, antioksidan, dan analgesik dari jahe memiliki potensi luar biasa untuk mengurangi gejala demam akibat virus. Kemudian madu dengan khasiat antimikroba yang kuat membantu mengurangi infeksi dan mengobati batuk.

Caranya, tebus satu sendok teh dan jahe parut dalam secangkir air selama 2-5 menit kemudian tambahkan satu sendok teh madu. Minumlah teh ini dua kali sehari untuk meredakan demam.

  1. Teh Tulsi

Daun tulsi yang biasa digunakan sebagai minyak atsiri termasuk eugenol, sitronelol, dan linalool yang membantu mengurangi peradangan. Sifat antibakteri, germisida, antibiotik, dan antijamur yang kuat pada daun tulsi berfungsi dengan baik untuk mengurangi gejala demam virus.

Caranya adalah dengan meminum air tulsi atau mengunyah beberapa daun tulsi untuk meredakan demam, sakit kepala, pilek, batuk, flu, dan mengatasi tenggorokan yang teriritasi.

Teh Tulsi ampuh untuk meredakan demam pada anak (unsplash)
  1. Moringa

Moringa memiliki banyak manfaat gizi dan kesehatan yang luar biasa. Tanaman ini adalah gudang vitamin, mineral, antioksidan, dan agen antibakteri yang sangat efektif dalam melawan demam virus.

Selain itu, penelitian juga membuktikan bahwa kulit dan batang tanaman moringa secara signifikan dapat mengurangi demam dan mengeluarkan racun yang merugikan dari sistem tubuh anak-anak.

  1. Amla

Amla sudah lama dikenal sebagai tanaman yang dapat mengobati berbagai penyakit. Selain itu, tanaman ini merupakan salah satu sumber Vitamin C terkaya, yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi musiman.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengonsumsi satu amla atau ramuan amla setiap hari untuk meredakan demam akibat virus.

  1. Oregano

Oregano adalah herbal kuat dalam keluarga mint yang dikenal karena sifat pengobatan dan terapinya yang luar biasa. Senyawa tumbuhan aktif karvakrol dalam oregano diyakini memiliki sifat antivirus.

Bahkan beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa minyak oregano efektif melawan virus herpes, rotavirus, dan infeksi pernapasan lainnya. Caranya mudah, cukup seduh teh oregano bersama dengan bubuk kunyit dan minumlah ini dua kali sehari untuk hasil terbaik.

  1. Sage

Sage adalah tanaman herbal aromatik yang telah digunakan sejak zaman kuno dalam pengobatan tradisional untuk mengobati infeksi virus. Aktivitas antivirus sage dikaitkan dengan senyawa tanaman yang bernama safficinolide dan sage one, yang melimpah dalam daun dan batang tanaman. Untuk mengobati demam pada anak, cukup minum segelas teh sage.

  1. Rosemary

Dikenal karena efek terapinya, Rosemary memiliki banyak senyawa aktif, termasuk asam oleanolik yang dikenal memiliki efek antivirus terhadap virus herpes, influenza, dan Hepatitis A hingga mencegah infeksi virus.

Selain daun yang bisa menurunkan demam anak, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi