Waktu Terbaik dan Terburuk Minum Air Kelapa yang Jarang Diketahui

| 23 Apr 2024 21:07
Waktu Terbaik dan Terburuk Minum Air Kelapa yang Jarang Diketahui
Waktu terbaik dan terburuk minum air kelapa (unsplash)

ERA.id - Air kelapa merupakan minuman alami yang menyegarkan yang telah lama dikenal dengan berbagai manfaatnya bagi kesehatan. Namun kapan waktu terbaik dan terburuk minum air kelapa?

Kaya akan elektrolit, vitamin, dan mineral, air kelapa dapat membantu menghidrasi tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, dan bahkan membantu pencernaan.

Artikel ini akan mengupas tuntas tentang waktu terbaik dan terburuk untuk minum air kelapa, sehingga Anda dapat memaksimalkan manfaatnya dan menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Waktu terbaik dan terburuk minum air kelapa

Dilansir dari Vinmec International Hospital, berikut ini beberapa rekomendasi waktu terbaik dan yang harus dihindari untuk meminum air kelapa muda:

  1. Sebelum dan setelah makan

Sebaiknya minum segelas air kelapa sebelum makan, terutama minum air kelapa pada pagi hari. Minum air kelapa akan membuat perut merasa kenyang untuk waktu yang lama dan membantu mencegah kebiasaan makan berlebihan sepanjang hari.

Selain itu, air kelapa rendah kalori dan mudah dicerna dan meminumnya memiliki efek pencernaan, sehingga akan membantu pencernaan dengan cepat dan mencegah kembung setelah makan.

  1. Manfaat minum air kelapa sebelum tidur

Perlu diketahui, aroma manis dan menyenangkan dari air kelapa telah lama dikenal memiliki efek psikologis yang membantu mengurangi kecemasan dan memperlambat detak jantung.

Selain itu manfaat minum air kelapa adalah dapat melawan stres, menenangkan pikiran, dan membantu orang tidur lebih mudah dan lebih nyenyak.

Manfaat Minum Air Kelapa Sebelum tidur (unsplash)

Minum air kelapa sebelum tidur juga dapat membantu menghilangkan semua toksin dan membersihkan saluran kemih. Bahkan dapat mencegah infeksi saluran kemih atau penyakit lainnya.

Jika Anda banyak minum alkohol kemudian tidur, maka minum air kelapa saat bangun akan membantu menghidrasi tubuh Anda kembali.

Minum air kelapa ketika bangun tidur juga dapat melawan rasa sakit kepala, mual keesokan paginya (setelah minum alkohol), dan juga mengembalikan elektrolit yang hilang.

  1. Setelah berolahraga

Setelah lari jarak jauh atau berolahraga berat, air kelapa dapat menjadi penyegar dan penambah energi. Hal tersebut lantaran manfaat air kelapa yang dapat mengganti elektrolit yang hilang melalui keringat

  1. Jangan konsumsi air kelapa bersamaan dengan obat

Dibalik manfaat air kelapa bagi kesehatan. namun air kelapa sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan obat tertentu.

Bagi penderita hipotensi atau tekanan darah rendah, mengkonsumsi air kelapa berlebihan dapat memperparah kondisi. Hal ini disebabkan karena air kelapa bersifat menurunkan tekanan darah.

Selain itu, air kelapa juga berpotensi dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat, seperti spironolakton (meningkatkan risiko hiperkalemia (kadar kalium tinggi dalam darah), lithium (memperlambat penyerapan lithium dalam tubuh), digoxin (meningkatkan risiko toksisitas digoxin), dan ACE inhibitor (memperburuk kerusakan ginjal)

Untuk itu, direkomendasikan agar memberikan jeda 1-2 jam antara minum obat dan air kelapa. Minumlah obat dengan air putih untuk menghindari interaksi obat. Selain itu, penting untuk mengkonsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk lebih jelasnya.

Ingat selalu, air kelapa memang menyehatkan namun perhatikan waktu dan kondisinya agar tidak membahayakan kesehatan. Salam sehat!

Selain waktu terbaik dan terburuk minum air kelapa, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi