Aturan Pemberian Antibiotik untuk Anak, Tidak Buat Flu dan Batuk

| 27 Oct 2022 20:10
Aturan Pemberian Antibiotik untuk Anak, Tidak Buat Flu dan Batuk
Flu tidak dapat diobati dengan antibiotik (Freepic)

ERA.id - Mungkin apabila anak Anda mengalami batuk, demam, pilek selama tiga hari dan merasa sakit biasa dokter akan memberikan antibiotik. Namun, perlu diketahui terdapat beberapa aturan pemberian antibiotik untuk anak agar tidak menyalahi dosis.

Perlu diketahui, beberapa jenis bakteri sekarang ini resisten terhadap hampir semua antibiotik yang tersedia. Pusat Kesehatan dan Pengendalian Penyakit memperkirakan bahwa hingga setengah dari resep antibiotik yang ditulis dokter tidak diperlukan.

pemberian antibiotik pada anak (Freepic)

Dilansir dari ucdavis.edu, flu dan sebagian besar pilek, serta sebagian besar batuk dan sakit tenggorokan disebabkan oleh virus, sehingga pemberian antibiotik sama sekali tidak efektif dalam memeranginya.

Michael C. Lucien, dokter anak UC Davis Medical Center Sacramento menjelaskan jika penggunaan antibiotik berlebihan selama bertahun-tahun membuat bakteri semakin resisten terhadap obat dan jauh lebih sulit untuk dikendalikan.

Pertanyaannya, apakah antibiotik pernah menjadi solusi yang tepat untuk penyakit anak yang umum? Tentu saja. Namun penting untuk menemui dokter Anda ketika anak sakit selama lebih dari beberapa hari, terutama jika gejalanya serius atau memburuk.

Berikut Beberapa Aturan Pemberian Antibiotik untuk Anak

●   Pilek tidak pernah membutuhkan antibiotik. Bahkan yang disertai demam dan keputihan berwarna kuning atau hijau biasanya disebabkan oleh virus. Namun, jika dicurigai adanya infeksi sinus yang disebabkan oleh bakteri, dokter Anda akan dengan hati-hati membuat keputusan apakah antibiotik adalah pilihan terbaik berdasarkan gejala dan pemeriksaan fisik.

●   Sakit tenggorokan umumnya tidak membutuhkan antibiotik. Pengecualian utama adalah untuk "radang tenggorokan," (ketika infeksi streptokokus adalah penyebabnya).

●   Batuk biasanya disebabkan oleh virus dan tidak memerlukan pengobatan antibiotik. Dengan memeriksa paru-paru, dokter dapat menentukan apakah ada pneumonia, yang merupakan infeksi paru-paru yang sering disebabkan oleh bakteri dan membutuhkan antibiotik.

●   Infeksi telinga secara umum telah diobati dengan antibiotik. Namun sekarang kita menyadari bahwa sekitar 80 persen akan sembuh tanpa pengobatan dalam tujuh sampai 14 hari. Jika anak tidak sakit atau kesakitan, banyak dokter sekarang merekomendasikan menunggu untuk melihat apakah infeksi hilang dengan sendirinya.

Perawatan di rumah untuk mengatasi rasa sakit, demam, batuk, dan hidung tersumbat dapat membantu meredakan gejala dan memungkinkan anak Anda untuk tidur nyenyak.

Kemudian penting bagi orang tua untuk tidak mendorong dokter untuk meresepkan pengobatan antibiotik. Sebaliknya, mintalah saran dari dokter tentang bagaimana Anda dapat membantu anak merasa lebih baik.

Perawatan di rumah dan obat umum untuk mengatasi rasa sakit, demam, batuk, dan hidung tersumbat dapat membantu meredakan gejala dan memungkinkan anak Anda untuk tidur nyenyak.

Ketika dokter Anda meresepkan antibiotik, penting untuk menggunakannya dengan benar. Kecuali dokter Anda menyarankan sebaliknya, gunakan semua pil sesuai jadwal yang disediakan.

Selain itu, jangan pernah menyimpan pil setelah anak Anda merasa lebih baik sehingga dapat digunakan untuk anak di lain waktu. Mengambil hanya sebagian obat saja dapat menyebabkan pertumbuhan resisten, dan jauh lebih berbahaya.

Tindakan pencegahan

Tindakan pencegahan penting yang dapat Anda lakukan terhadap infeksi bakteri adalah imunisasi terhadap streptokokus pneumoniae. Infeksi ini adalah infeksi bakteri invasif yang paling umum pada anak-anak di AS sebagai penyebab pneumonia, meningitis, dan infeksi darah.

Meskipun streptokokus mudah diobati dengan penisilin, namun penggunaan antibiotik yang berlebihan telah membuatnya kebal terhadap banyak obat, dan sekarang menyebabkan 40.000 kematian setiap tahun.

Selain itu, imunisasi terhadap strep pneumoniae juga direkomendasikan untuk semua anak, berusia dua bulan hingga 23 bulan, orang di atas 65 tahun atau yang memiliki penyakit kronis.

Selain aturan pemberian antibiotik untuk anak, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi