Rekomendasi Makanan Penambah Libido Pria, Dijamin Bikin Istri Bahagia

| 06 Nov 2022 23:01
Rekomendasi Makanan Penambah Libido Pria, Dijamin Bikin Istri Bahagia
Ilustrasi hubungan intim (Freepik)

ERA.id - Banyak makanan yang memiliki kandungan zat untuk menambah libido pria dan dijual bebas di pasaran. Meskipun demikian, ada yang alami dan ada pula yang berbahaya.

Sebagian pria memilih obat-obatan farmasi seperti Viagra yang diyakini dapat membantu ereksi. Namun, tak sedikit pula yang lebih memilih bahan alami dan cenderung punya sedikit efek samping.

Penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa makanan dan suplemen dapat membantu meningkatkan libido Anda - dan mengobati disfungsi ereksi (DE). Artikel ini akan membahas makanan yang dapat membantu memicu gairah seks Anda.

Rekomendasi Makanan Penambah Libido Pria

  1. Tribulus

    Tribulus dapat membuat pria tahan lama (Freepik)

Tribulus (Tribulus terrestris) adalah tanaman berdaun kecil yang akar dan buahnya populer dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan Ayurveda. Tanaman ini  tersedia secara luas sebagai suplemen olahraga dan umumnya dipasarkan untuk meningkatkan kadar testosteron dan meningkatkan dorongan seks.

Sementara itu penelitian pada manusia belum menunjukkan bahwa tribulus dapat meningkatkan kadar testosteron. Namun faktanya, dalam penelitian 90 hari pada wanita yang melaporkan kenikmatan seksual rendah, setelah mengkonsumsi 750 mg tribulus setiap hari selama 3 bulan dapat meningkatkan kepuasan seksual pada 88% peserta.

Meskipun demikian, tribulus terrestris dapat membantu meningkatkan libido. Namun hasil mengenai kemampuannya untuk mengobati DE tidak konsisten, sehingga diperlukan lebih banyak penelitian.

  1. Makau

Maca (Lepidium meyenii) adalah sayuran akar yang secara tradisional digunakan untuk meningkatkan kesuburan dan gairah seks. Anda dapat membeli suplemen dalam berbagai bentuk, termasuk bubuk, kapsul, dan ekstrak cair.

Sebuah stud selama 12 minggu dari tahun 2002 mencatat bahwa 42% pria yang mengonsumsi 1.500–3.000 mg maca setiap hari mengalami peningkatan dorongan seksual.

Menurut salah satu review penelitian, maca dapat bertindak sebagai afrodisiak alami untuk meningkatkan hasrat seksual pada pria. Tanaman ini juga dapat membantu mengobati DE, tetapi diperlukan lebih banyak penelitian.

  1. Ginseng merah

    Ginseng merah dapat membuat vitalitas pria meningkat (Freepik)

Ginseng merah khususnya dapat membantu libido rendah dan meningkatkan fungsi seksual. Faktanya, ulasan dari 10 penelitian menemukan bahwa ginseng merah efektif meningkatkan gairah seksual pada wanita dengan menopause.

Selain itu, ginseng merah dapat meningkatkan produksi oksida nitrat. Ini adalah senyawa yang membantu sirkulasi darah dan membantu otot-otot di penis rileks. Faktanya, penelitian telah mengungkapkan bahwa ramuan ini secara signifikan lebih efektif dalam meningkatkan fungsi ereksi daripada plasebo.

Memang, tinjauan dari 9 penelitian yang terdiri dari hampir 600 pria dengan DE ringan hingga sedang menyimpulkan bahwa ginseng merah, di antara jenis lainnya, kemungkinan meningkatkan fungsi ereksi atau kepuasan seks dibandingkan dengan plasebo.

Meskipun demikian, ginseng merah dapat meningkatkan libido dan meningkatkan fungsi ereksi, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan.

  1. Fenugreek

Fenugreek adalah ramuan populer dalam pengobatan alternatif yang dapat membantu meningkatkan libido dan meningkatkan fungsi seksual. Ramuan ini mengandung senyawa yang dapat digunakan tubuh Anda untuk memproduksi hormon seks, seperti estrogen dan testosteron.

Sebuah studi selama 12 minggu menemukan bahwa suplementasi dengan 600 mg ekstrak fenugreek setiap hari dapat meningkatkan fungsi seksual dan meningkatkan kadar testosteron pada 120 pria paruh baya dan lebih tua.

Namun, tidak diketahui apakah peningkatan testosteron ini signifikan secara klinis. Demikian pula, sebuah studi 8 minggu pada 80 wanita dengan libido rendah menentukan bahwa mengonsumsi 600 mg fenugreek setiap hari secara signifikan meningkatkan gairah dan keinginan seksual, dibandingkan dengan kelompok plasebo.

  1. L-sitrulin

L-sitrulin adalah asam amino yang diproduksi secara alami oleh tubuh Anda yang membantu meningkatkan aliran darah dengan memproduksi oksida nitrat untuk melebarkan pembuluh darah Anda.

Sebuah penelitian kecil tahun 2011 pada 24 pria dengan DE ringan dan kondisi yang terkait dengan DE, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes, menemukan bahwa mengonsumsi 1,5 gram L-citrulline setiap hari secara signifikan meningkatkan gejala pada 50% peserta setelah 1 bulan.

Dalam studi 30 hari lainnya pada pria, mengkonsumsi kombinasi harian 800 mg L-citrulline dan 300 mg trans-resveratrol dikombinasikan dengan resep obat ED meningkatkan fungsi dan kekerasan ereksi, dibandingkan dengan pengobatan plasebo.

L-citrulline tersedia sebagai suplemen makanan dalam bentuk kapsul atau bubuk tetapi secara alami hadir dalam makanan seperti semangka, cokelat hitam, dan kacang-kacangan.

Selain makanan penambah libido pria, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi