Cara Mengecek Usus Buntu Sendiri Sebagai Langkah Awal Diagnosa

| 27 Nov 2022 07:08
Cara Mengecek Usus Buntu Sendiri Sebagai Langkah Awal Diagnosa
Ilustrasi sakit usus buntu (Freepik)

ERA.id - Umumnya penyedia layanan kesehatan menggunakan kombinasi tes untuk memastikan apakah Anda menderita usus buntu, infeksi, atau radang usus buntu. Namun terdapat cara mengecek usus buntu sendiri, bagaimana? Simak artikel selengkapnya.

Perlu diketahui, tujuan dari tes usus buntu adalah untuk memberikan diagnosis yang cepat untuk radang usus buntu, sehingga Anda mendapatkan perawatan yang dibutuhkan.

Jenis-Jenis Tes Usus Buntu

Dilansir dari clevelandclinic.org, terdapat beberapa jenis tes usus buntu yang umum disediakan yang dapat Anda lakukan atau pesan, berikut beberapa di antaranya:

●        Pemeriksaan fisik dengan cara memeriksa rasa sakit di sisi kanan bawah perut tempat usus buntu biasanya berada.

●        Tes darah dan urin mengidentifikasi infeksi atau pembengkakan dan mengesampingkan kondisi lain yang dapat meniru presentasi radang usus buntu, seperti infeksi saluran kemih.

●        Gambar CT scan perut Anda adalah cara paling akurat untuk mendiagnosis radang usus buntu. Jika Anda dalam usia subur, Anda akan menjalani tes kehamilan sebelum CT scan untuk menghindari radiasi yang tidak perlu.

Apa itu radang usus buntu?

Usus buntu adalah organ berukuran 2 hingga 4 inci, berbentuk tabung, yang melekat pada usus besar (kolon) dan terletak di bagian bawah rongga perut. Apendisitis adalah kondisi ketika usus buntu terinfeksi atau meradang.

Jika Anda menderita radang usus buntu, kemungkinan besar Anda akan menjalani operasi usus buntu, atau pembedahan untuk mengangkat usus buntu Anda dan Anda dapat menjalani hidup yang panjang dan sehat tanpa usus buntu.

Apa saja tanda-tanda peringatan dini radang usus buntu?

gejala awal usus buntu dimulai dengan sakit perut dan mual (Freepik)

Tanda pertama biasanya nyeri tumpul di sekitar pusar Anda. Rasa sakit itu kemudian menjalar ke sisi kanan bawah perut Anda dan menjadi lebih intens . Adapun beberapa tanda radang usus buntu di antaranya:

●        Nyeri konstan dan tiba-tiba

●        Nyeri memburuk saat batuk

●        Nyeri tumpul yang tidak membaik setelah mengkonsumsi pereda nyeri

●        Kehilangan nafsu makan

●        Sembelit atau diare

●        Ketidakmampuan untuk mengeluarkan gas (kentut)

●        Demam ringan

●        Mual dan muntah

Mengapa penting untuk mengetahui tanda-tanda peringatan dini radang usus buntu?

Usus buntu yang meradang dapat pecah dan menyebarkan bakteri ke seluruh tubuh Anda. Hal ini dapat memicu infeksi serius yang berpotensi mengancam nyawa Anda. Sehingga penting untuk kenali tanda-tanda awal radang usus buntu agar Anda bisa mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Perlu diketahui, penyedia layanan kesehatan yang berbeda melakukan tes yang berbeda untuk menyingkirkan radang usus buntu.

Misalnya, dokter dapat mengambil riwayat Anda dan melakukan pemeriksaan fisik. Kemudian perawat akan mengambil darah untuk tes darah. Sementara itu, seorang teknisi radiologi dapat melakukan ultrasound atau CT scan Anda.

Bagaimana Cara Mengecek Usus Buntu Sendiri?

Selain memperhatikan gejala Anda, Anda dapat memeriksa apakah Anda mengalami sakit perut pada saat ini, berikut ini beberapa cara mengeceknya:

●        Berbaring miring ke kiri dan rentangkan pinggul kanan Anda.

●        Lenturkan pinggul dan lutut kanan Anda dan putar pinggul kanan Anda.

●        Jika Anda masih merasakan sakit yang terus-menerus dan semakin parah, atau jika Anda tidak yakin, hubungi penyedia Anda.

Perlu diketahui usus buntu atau apendisitis dapat menjadi kondisi serius yang dapat menyebabkan komplikasi parah jika tidak segera ditangani.

Selain cara mengecek usus buntu sendiri, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi