Berbagai Penyebab Sakit Perut Bagian Tengah, Hati-Hati Penyakit Serius!

| 11 Sep 2022 16:34
Berbagai Penyebab Sakit Perut Bagian Tengah, Hati-Hati Penyakit Serius!
Ilustrasi sakit perut bagian tengah (pixabay)

ERA.id - Ada banyak hal yang bisa menyebabkan sakit perut, tergantung bagian mana yang terasa sakit. Sakit perut bagian tengah bisa menjadi tanda dari beberapa penyakit. Di bagian perut bagian tengah terdapat berbagai organ vital, seperti pankreas, hati, kantong empedu, dan usus bagian atas.

Penanganan sakit perut bagian tengah harus disesuaikan dengan penyebabnya. Jika Anda merasakan sakit pada perut bagian tengah, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Berikut ini beberapa penyakit terkait sakit perut bagian tengah, dikutip Era dari Halodoc.

Beberapa Penyebab Sakit Perut Bagian Tengah

1. Gas

Salah satu penyebab sakit perut bagian tengah yang paling umum adalah penumpukan gas pada dalam saluran pencernaan. Penumpukan gas bisa rasa tertekan, kembung, atau kenyang.

2. Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan kadang disertai dengan sensasi terbakar yang terasa hingga di mulut atau tenggorokan. Sakit tersebut mungkin terasa seperti berasal dari area dada.

Secara medis, kondisi tersebut disebut sebagai dispepsia. Dispepsia kerap disebabkan oleh tingginya jumlah asam yang ada di perut.

3. Gastritis

Gastritis disebabkan oleh infeksi Helicobacter pylori. Gangguan kesehatan ini menyebabkan lapisan lambung membengkak dan terasa nyeri.

4. Flu perut atau gastroenteritis

Gastroenteritis atau flu perut merupakan infeksi yang terjadi pada dinding saluran pencernaan, khususnya lambung dan usus. Gangguan kesehatan ini ditandai dengan muntah dan diare. Di Indonesia gastroenteritis dikenal dengan istilah muntaber.

Ilustrasi flu perut (gastroenteritis)

Umumnya, gastroenteritis disebabkan oleh infeksi virus. Jenis virus yang bisa menyebabkan penyakit ini ada banyak tetapi dua jenis yang paling umum adalah rotavirus dan norovirus. Meskipun terbilang jarang, bakteri E.coli dan Salmonella juga bisa memicu terjadinya muntaber.

Gastroenteritis merupakan penyakit menular. Penularannya bisa melalui makanan atau minuman, kontak langsung dengan pengidap, atau melalui tangan—tidak mencuci tangan dengan bersih setelah menggunakan toilet atau mengganti popok.

5. Radang usus buntu

Radang usus buntu atau apendisitis merupakan peradangan pada apendiks atau usus buntu. Usus buntu atau umbai cacing merupakan bagian usus yang ada di pertemuan usus besar dan usus halus berbentuk kantong kecil.

Ilustrasi peradangan usus (freepik)

Peradangan pada bagian usus buntu bisa disebabkan oleh penyumbatan bagian usus buntu–sehingga terjadi penumpukan bakteri. Hal tersebut memicu pembengkakan, timbulnya nanah, dan memberikan rasa sakit.

Sakit perut adalah salah satu gejala radang usus buntu. Pada fase awal, hal yang bisa dirasakan adalah sakit perut bagian tengah. Gejala yang lain adalah mual, muntah, hilangnya nafsu makan yang memburuk, dan beberapa gangguan pencernaan lain.

6. Batu empedu

Tingginya kadar kolesterol atau bilirubin bisa menyebabkan batu empedu. Jika ukuran batu empedu cukup besar dan menyumbat saluran, sakit perut yang teramat sangat bisa dirasakan.

7. Masalah pada pankreas

Penyebab lain dari sakit perut bagian tengah pankreatitis atau peradangan pada organ pankreas. Pankreas merupakan kelenjar yang memiliki ukuran panjang. Letaknya di belakang lambung bagian atas rongga perut.

Peradangan pankreas bisa terjadi karena enzim pencernaan aktif saat masih di pankreas. Hal ini akan menyebabkan sel-sel pankreas iritasi dan menimbulkan peradangan.

Pankreatitis bisa mendatangka rasa sakit perut bagian tengah dan di sisi kiri atas perut. Rasa sakit yang dirasakan penderitanya memburuk setelah makan atau minum—terutama makanan berlemak tinggi. 

Rekomendasi